PAHLAWAN KEMERDEKAAN : Bung Tomo

Jarang Diketahui, Ternyata Bung Tomo Pahlawan Yang Dikenal Pada Peristiwa !0 November, Wafat Saat Wukuf di Arafah

JAMBI, bungopos.com - Sutomo atau lebih akrab dikenal dengan sapaan Bung Tomo adalah Pahlawan Nasional Indonesia yang terkenal karena peranannya dalam Pertempuran 10 November 1945. Bung Tomo adalah sosok yang mampu membakar semangat rakyat untuk berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Salah satu kalimat orasi yang membakar api juang kala itu, "Merdeka atau Mati" kini dikenang semua masyarakat Indonesia. Namun ada satu sisi yang tidak cukup banyak diketahui masyarakat dari Pahlawan Indonesia kelahiran Surabaya, 3 Oktober 1920 ini. Yah, ternyata Bung Tomo meninggal saat melakukan Ibadah Haji di Tanah Suci tepaatnya usai beliau melaksanakan wukuf.

Dilansir dari Instagram BPKH, Bung Tomo memang diketahui mempunyai keinginan besar untuk menunaikan ibadah haji, kemudian ia pun bertemu Dirjen Haji dan menceritakan keinginannya menunaikan rukun Islam kelima itu.

Bung Tomo dan keluarganya merasa sangat gembira karena keinginannya untuk berhaji bisa terlaksana dan diberangkatkan melalui Bandara Halim Perdanakusumah.

Dia berangkat haji didampingi oleh istrinya, Sulistiana yang sudah mendampinginya sejak zaman revolusi serta dua putrinya. Sulistiana juga menjahit sendiri sembilan potong pakaian untuk mereka berempat.

Bung Tomo bahkan diserahi amanat untuk memimpin kloternya. Setiba di Bandara King Abdul Azis di Jeddah, ia masih menjalankan tugasnya sebagai pemimpin kloter.

Setelah hari ulang tahun ke-61 pada 3 Oktober 1981, kondisi kesehatan Bung Tomo merosot. Ia koma dan harus terbaring di rumah sakit Jeddah.

Hari Wukuf di Arafah yang wajib ditunaikan bagi siapa pun yang berhaji dan tidak bisa diwakilkan, Bung Tomo pun wajib mengikuti wukuf. Pada 7 Oktober 1981, pada saat wukuf, Bung Tomo meninggal dunia. Ia lalu dimakamkan di Tanah Suci Mekkah. (***)

   
Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.hajiumrahnews.com/