VIRAL : Buah semangka simbol pembelaan terhadap Palestina

Jadi Trend dan Simbol Bela Palestina, Ini Manfaat Buah Semangka

JAMBI, bungopos.com - Buah semangka disebut sebagai 'the fruit of Palestine' dan menjadi simbol perlawanan serta dukungan untuk Palestina. Buah ini kini menjadi trend media sosial usai konflik Hamas dan Israel pecah pada 7 Oktober 2023 lalu.  Buah yang bisa dimakan bersamaan dengan bijinya ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang melimpah. Penelitian Ahli Gizi, Kris Sollid dari Departemen Pertanian AS (U.S. Departemen Of Agriculture) mengungkap kandungan zat gizi pada buah semangka per 100 gram.

Energi: 28 kal

Air: 92,1%

Protein: 0,5 gr

Lemak: 0,2 gr

Karbohidrat: 6,9 gr

Vitamin A: 590 SI

Vitamin C : 6mg

Niasin: 0,2 mg

Riboflavin: 0,05 mg

Tiamin: 0,05 mg

Abu: 0,3 mg

Kalsium: 7 mg

Besi: 0,2 mg

Fosfor 12 mg

 

Manfaat Semangka

1. Mencegah Asma

Manfaat semangka yang pertama yaitu mencegah penyakit asma. Meski bukan menyembuhkan asma, semangka bisa mencegah tahap gejala atau penyakit pernafasan yang bisa menjadi asma. Kandungan vitamin C nya yang tinggi secara efektif mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini bisa bermanfaat untuk mencegah gangguan pernapasan.

2. Mengatasi Sembelit

Semangka memiliki kandungan serta dan air yang tinggi. Sehingga semangka bisa mengatasi masalah sembelit, terutama yang disebabkan karena kekurangan serat larut dalam usus.

3. Mencegah Peradangan

Peradangan pada organ tubuh dapat menyebabkan penyakit berbahaya. Semangka memiliki kandungan senyawa kolin yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan otot tubuh, membantu tubuh menciptakan efek santai, dan memperbaiki ingatan otak. (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.nu.or.id/