SUNNAH : Zikir amalan yang disunnahkan

Hari Jum'at Penghulu Segala Hari, Ini Lima Amalan Yang Disunnahkan

JAMBI, bungopos.com - Hari Jumat merupakan penghulu segala hari dan hari raya para fakir miskin.  Pada hari istimewa ini, banyak sekali aktivitas ibadah yang disunnahkan. Tapi pada kesempatan ini, kita hanya memaparkan lima aktivitas sunnah saat hari Jum'at, yakni sebagai berikut : 

  

Pertama, mandi Jumat.

Pada Jumat ini, disunnahkan untuk mandi. Hal ini berdasarkan beberapa hadits, di antaranya hadits berikut:

   مَنْ أَتَى الْجُمُعَةَ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ النِّسَاءِ فَلْيَغْتَسِلْ وَمَنْ لَمْ يَأْتِهَا فَلَيْسَ عَلَيْهِ غُسْلٌ 

Barangsiapa dari laki-laki dan perempuan yang menghendaki Jumat, maka mandilah. Barangsiapa yang tidak berniat menghadiri Jumat, maka tidak ada anjuran mandi baginya” (HR Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban).  

Dari hadits tersebut, ulama merumuskan bahwa disunnahkan melaksanakan mandi Jumat bagi orang yang berniat melaksanakan shalat Jumat, meskipun sahat Jumat tidak diwajibkan baginya. Mandi Jumat ini dilaksanakan sejak terbit fajar Shadiq sampai pelaksanaan Jumat. Lebih utama dilakukan menjelang keberangkatan menuju tempat shalat Jumat. Mandi Jumat ini sangat dianjurkan, sehingga meninggalkannya dihukumi makruh, sebab ulama masih berselisih mengenai hukum wajibnya.

Kedua, memakai pakaian putih.   


Anjuran ini berdasarkan hadits Nabi: 


  اِلْبَسُوْا مِنْ ثِيَابِكُمْ اَلْبَيَاضَ فَإِنَّهَا مِنْ خَيْرِ ثِيَابِكُمْ   

 “Pakailah dari pakaian kalian yang berwarna putih. Karena sesungguhnya pakaian putih termasuk pakaian terbaik bagi kalian” (HR  al-Tirmidzi).  

 

Ketiga, membersihkan badan.  

Pada hari Jumat, sunnah membersihkan badan dengan mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, menggunting kumis, memotong kuku, bersiwak dan menghilangkan bau badan. Beberapa hal tersebut disunnahkan karena mengikuti sunnah Nabi.  

 

Keempat, memakai parfum. 


Tidak ada ketentuan khusus mengenai parfum yang dipakai saat Jumatan, namun lebih utama memakai minyak misik. Anjuran memakai minyak wangi ini berlaku untuk selain orang yang berpuasa, orang yang sedang ihram dan perempuan. Adapun bagi orang yang berpuasa dan perempuan, dimakruhkan baginya memakai parfum. Sementara bagi orang yang tengah menjalankan ibadah ihram haji atau umrah, hukumnya haram.   

Kelima, membaca al-Quran atau berzikir. 


Anjuran ini dilakukan saat perjalanan menuju dan saat berada di tempat pelaksanaan Jumat. Ayat al-Qur’an yang utama dibaca adalah surat al-Kahfi. Adapun berzikir, yang lebih utama adalah membaca shalawat Nabi.   

Demikianlah beberapa amalan sunnah yang dianjurkan pada hari Jum'at ini. Semoga bermanfaat. (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://lampung.nu.or.id/