TERTUA : Salah satu masjid tertua di China

Meskipun Disebut Sebagai Negara Komunis, Namun di Lima Negara Ini Berdiri Masjid Megah, Begini Kondisinya

JAMBI, bungopos.com - Komunis merupakan ideologi ekonomi dan politik yang menerapkan sistem tanpa kelas. Dengan sudut pandang ini, distribusi kekayaan dan sumber daya harus lebih merata, dan pemerintah memastikan setiap orang mendapatkan bagian yang sama. Hanya saja sampai hari ini tidak ada lagi negara di dunia yang betul-betul menerapkan sistem komunis ini secara penuh, meski partai penguasa di negara itu adalah Partai Komunis. Berikut ini potret masjid di negara-negara yang dikuasai partai komunis tersebut antara lain : 

BACA JUGA: Dibangun dengan Biaya Rp60 Miliar, Inilah Masjid Termegah di Kabupaten Tebo

1. Korea Utara

Negara yang dipimpin oleh Kim Jong-un ini menganut jenis paham komunis yang dikenal sebagai 'juche'. Nama terakhir merupakan paham yang diciptakan keluarga Kim, yang mempromosikan kemandirian. Juche sendiri resmi menjadi ideologi Korea Utara pada tahun 1970-an dan terus dilanjutkan hingga saat ini.

Kim Jong-un ternyata juga mengizinkan umat Muslim di negaranya untuk memiliki rumah ibadah yaitu masjid. Dikutip dari muslimpress, masjid yang  terletak di ibu kota Korea Utara, Pyongyang diberi nama Masjid Ar-Rahman.

2. Vietnam 

Vietnam telah dipimpin oleh rezim komunis sejak 1975.Vietnam merupakan negara dengan satu partai,  yaitu Partai Komunis Vietnam.  Meski pada tahun 1986, Vietnam memperkenalkan kebijakan Doi Moi yakni mengubah sistem ekonomi negara, dari gaya komunis ke kapitalis, tapi Partai Komunis Vietnam masih terus memonopoli kekuasaan di negara tersebut.

Di negara ini juga berdiri sebuah masjid besar yakni  The Central Mosque Ho Chi Minh City atau Masjid Sentral Ho Chi Minh City. Masjid ini berlokasi pusat kota Vietnam, atau lebih tepatnya di Jalan Dong Du. Masjid ini menjadi salah satu masjid tua di Vietnam karena dibangun pada tahun 1935 oleh masyarakat muslim dari India Selatan yang kemudian menetap di daerah Ho Chi Minh City.

 

BACA JUGA: Ternyata di Dunia Ini Ada Beberapa Negara Tanpa Masjid, Ini Dia Negaranya

3. Laos Laos telah dipimpin oleh rezim komunis sejak 1975 silam. Meski Laos melakukan reformasi ekonomi pada 1986, namun, Partai Revolusi Rakyat Laos (LPRP) merupakan partai komunis yang sampai hari ini berkuasa di negara itu.

Di Negara ini, juga telah berdiri Masjid Azhar merupakan salah satu dari dua masjid yang ada. 

4. Kuba

Sejak 1959 silam, Kuba telah berada di bawah kekuasaan komunis. Kala itu, Fidel Castro merebut kekuasaan dari diktator militer Fulgencia Batista. Casto kemudian memimpin Kuba hingga pensiun. Pada awal tahun 2017, pemerintah Kuba mengizinkan berdirinya masjid di negara itu. Bahkan di negara ini sudah ditunjuk Imam Muslim paling berpengaruh Kuba, Pedro Lazo Torres atau dikenal sebagai Imam Yahya. 5. China

 BACA JUGA: Dua Masjid di Bungo Dapat Bantuan Renovasi dari Bank Indonesia

China merupakan negara komunis terbesar di dunia. Rezim komunisnya dimulai pada tahun 1949. Kala itu, pasukan komunis pimpinan Mao Zedong mengalahkan pasukan nasionalis dan memproklamirkan berdirinya Republik Rakyat Tiongkok. Meski sejak tahun 1976, Deng Xiaoping mulai melakukan reformasi ekonomi dengan sistem terbuka, tapi Partai Komunis China masih terus memonopoli kekuasan hingga hari ini. Di negara ini sangat banyak sekali masjid yang berdiri. Salah satunya adalah Masjid Niujie merupakan salah satu masjid paling tua di Ibu Kota Republik Rakyat Cina (RRC). Masjid Niujie diduga sudah berusia lebih dari seribu tahun. Dari sekitar 68 unit masjid di Beijing, Masjid Niujie termasuk yang paling besar dan megah. (***)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya