Jambekspres.co.id

Ini Tiga Raja di Asia Tenggara Yang Lama Bertakhta, Salah Satunya di Indonesia

JAMBI, bungopos,com - Di benua Asia banyak sekali negara yang diperintah seorang raja. Raja-raja tersebut ada yang sudah lama berkuasa, ada juga baru memerintah. Berikut ini ada tiga raja di benua Asia yang telah lama memerintah sebuah negeri, diantaranya :

1. Raja Brunei Darussalam

Negara Brunei Darussalam dipimpin oleh Sultan Hassanal Bolkiah yang kini berusia 76 tahun naik takhta pada 1967. Artinya sudah 54 tahun Sultan memerintah Brunei Darussalam tersebut. Dia berasal dari keluarga yang sudah memerintah Brunei selama lebih dari 600 tahun lalu. Beliau merupakan salah satu orang terkaya di di dunia. 

 

2. Raja Yogyakarta 

Daerah istimewa Jogjakarta dipimpin oleh seorang raja. Raja tersebut yakni putra dari Sultan Hamengku Buwono IX dan istri keduanya RA Siti Kustina. Ia lahir pada tanggal 2 April 1946 di Yogyakarta. Beliau tak lain adalah Sri Sultan Hamengku Buwono X. Beliau naik tahta sejak tahun 1986. Artinya tepat tahun 2023 ini beliau sudah 34 tahun memerintah di Jogjakarta.

 

3. Raja Kamboja 

Negara Kamboja diperintah seorang raja yang bernama Norodom Sihamoni. Norodom tersebut diangkat sebagai raja Kamboja yakni pada tanggal 14 Oktober 2004 dan sampai sekarang ini. Artinya sudah selama 18 tahun, 349 hari beliau memerintah di Kamboja. (***)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya