MASJID TERTUA : Masjid Baiturrahman yang terletak di Kota Banda Aceh

Ini Dia Tiga Kota Tertua di Indonesia, Salah Satunya Berdiri Sejak Zaman Kerajaan Lho

JAMBI, bungopos.com - Indonesia memiliki banyak kota. Kota-kota ini berusia bermacam-macam. Bahkan ada yang berdiri sejak zaman kerajaan sebelum Indonesia merdeka. Tak heran beberapa kota tersebut dijuluki sebagai kota tertua. Berikut kota tertua di Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber : 

1. Kediri

Kediri ternasuk salah satu  kota tertua di Indonesia. Berdiri sejak tanggal 27 Juli 879 Masehi, kota ini kini diperkirakan sudah berumur 1144 tahun. Kediri menjadi kota terbesar ketiga di Jawa Timur, pertama diduduki Surabaya dan kedua Kota Malang. 

2. Kota Palembang

Kota Palembang merupakan salah satu kota tertua yang berdiri sejak zaman kerajaan Sriwijaya. Kota ini terkuak dengan ditemukannya arca dan juga prasasti, di antaranya prasasti Kedukan Bukit di Bukit Siguntang.

Bukti awal keberadaan Palembang adalah ketika pada abad ke-7, biksu Tiongkok, Yjing mengunjungi Kerajaan Sriwijaya selama enam bulan.

 

3. Kota Banda Aceh

Kota Banda Aceh dibangun oleh Sultan Johan Syah pada 22 April 1205 Masehi. Kini Banda Aceh telah berusia 817 tahun. Dilansir dari berbagai sumber, kota Banda Aceh merupakan salah satu kota Islam Tertua di Asia Tenggara. (***)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya