Jambekspres.co.id

Badan Usaha Milik Desa Jadikan Desa Kaya, Ini Dia BUMDesa Beromzet Puluhan Miliar

MEMASUKI tahun ke sembilan pemberlakuan UU Desa, banyak sekali capaian yang telah diperoleh. Diantaranya, majunya perekonomian desa, lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa). Setidaknya ada BUMDesa yang hari ini sudah memiliki omzet puluhan miliar rupiah.  BUMDesa tersebut yakni :

BACA JUGA: Bupati Merangin H Mashuri Pamit, Ini Pidato Perpisahannya

  1. BUMDes Desa Kutuh
    Omset BUMDes mencapai Rp 50 miliar pada 2019. BUMDes ini memiliki 9 unit usaha di antaranya Lembaga Perkreditan Desa (LPD), Kawasan Wisata Pantai Pandawa, Gunung Payung Cultural Park, Area Paragliding dengan tarif USD 100 per 20 menit, seni budaya Kecak, Unit Barang jasa, Unit Piranti Yatna (keagamaan), Unit Transportasi dan Unit Jasa Konstruksi.Ada pula 3 unit layanan desa yang dikembangkan, yaitu Layanan panyukerta desa adat, Layanan kesehatan dan asuransi, dan Layanan wisata edukasi

BACA JUGA: Wujudkan Desa Merdeka Sinyal, Ini Sejumlah BTS 4G Yang Akan Dibangun

 

  1. BUMDes Tajun
    BUMDes ini berada di Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali. Bergerak di sektor air bersih, simpan pinjam, dan pengelolaan pasar pada 2019, omzet BUMDes ini hampir mencapai Rp 11 miliar.

BACA JUGA: Inilah Satu-satunya Desa di Bali yang Memiliki Penduduk Mayoritas Islam

3. (BUMDes) Tirta Mandiri

BUMDes ini milik Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Omzet BUMDes ini pada 2017 mencapai Rp 12,6 miliar. BUMDes ini punya unit usaha Umbul Ponggok, penyewaan kolam ikan, penyewaan gedung pertemuan, event organizer, dan minimarket. (****)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya