ANCAM KESEHATAN : Udara Jambi yang kurang bagus mengancam kesehatan masyarakat

Kabut Asap Ancam Kesehatan Masyarakat, Ini Tips Terhindar dari ISPA

JAMBI,bungopos.com - Kabut asap mulai menyelimuti Kota Jambi. Kabut tipis yang mulai muncul pada pagi hingga sore hari  tersebut mengancam kesehatan individu maupun kesehatan masyarakat. Terlebih bagi anak-anak balita, lansia. Kualitas udara yang kurang bagus tersebut juga memunculkan gangguan penyakit paru yang mengakibatkan Infeksi Saluran Pernafasan Akut ISPA. Tak hanya itu, kabut asap juga berdampak bagi peningkatan resiko kambuh pada penderita asma.

Menghadapi berbagai ancaman tersebut, Dosen Prodi Ilmu kesehatan Masyarakat Universitas Jambi, Dr Ummi Kalsum, SKM, MKM memberikan tipsnya. Dikatakannya, ada berbagai upaya yang bisa dilakukan masyarakat untuk menjaga kesehatan di tengah kabut asap.

“Pertama penggunaan masker, penggunaan masker sangat dianjurkan ketika kita sedang beraktifitas di luar rumah,'' tuturnya.

Selain itu, katanya, masyarakat juga diharapkan untuk mengurangi aktifitas di luar rumah. Juga harus rajin rajin mengkonsumsi makan-makanan yang bergizi.

''Serta jangan lupa memperbanyak minum air putih agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh,'' pesannya.

Lebih lanjut disebutkannya, masyarakat juga harus menjaga personal hygiene dengan cuci tangan. Jangan lupa juga menutup makanan dan sering-sering membersihkan lingkungan khususnya di dalam maupun di luar rumah.

''Kita harus menerapkan perilaku hidup sehat.” tukasnya .

Dr Ummi juga menambahkan,  cara mencegah terjadinya ISPA salah satunya yaitu dengan melakukan cuci hidung. Dimana dengan sering membersihkan hidung dengan cara memasukan air, lalu tahan napas secara bergantian dari hidung sebelah kiri ke sebelah kanan ataupun sebaliknya.

''Itu diharapkan bisa menjaga kita dari penyakit ISPA,”ungkap tutup Dr Ummi. (arm)

Penulis: Arya Abisetya
Editor: Arya Abisetya
Sumber: www.unja.ac.id