TOLERANSI : Kegiatan dialog antar umat beragama menciptakan toleransi

Dialog Umat Beragama Penting Untuk Jaga Persatuan, Ini Himbauan Sekda Provinsi Jambi

JAMBI, bungopos.com - Dalam pembangunan, Pemerintah Provinsi Jambi bersinergi dengan semua pemangku kepentingan. Baik itu Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten dan Kota, BUMN dan BUMD, swasta, komunitas, dan organisasi keagamaan.

“Dan saya yakin bahwa Bamag LKKI Provinsi Jambi juga pasti berkeinginan agar Provinsi Jambi semakin maju dan berdaya saing dalam semua sektor Pembangunan,” ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H. Sudirman, SH., MH saat PEMBUKAAN DIALOG KEBANGSAAN DAN RAKERWIL BADAN MUSYAWARAH ANTAR GEREJA (BAMAG) LEMBAGA KEAGAMAAN KRISTEN INDONESIA PROVINSI JAMBI, bertempat di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi.

Dirinya mengatakan, sangat mengapresiasi dialog kebangsaan sebagai bagian dari upaya memperkuat persatuan dan kesatuan. Selain itu juga dalam rangka menjaga toleransi dan kerukunan masyarakat Indonesia. Dialog-dialog ini, katanya, akan mengurangi mispersepsi. Malah justru sebaliknya meningkatkan pemahaman dalam menyikapi permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sosial masyarakat.

''Ini semakin menguatkan toleransi, saling menghormati dan menghargai perbedaan, bisa menerima perbedaan, bahkan bisa bekerja sama dan hidup berdampingan secara damai (peaceful-coexistence) meskipun berbeda. Dengan demikian, akan mendorong terwujudnya kondisi yang rukun dan damai," ujar Sekda Sudirman.

Dalam sambutannya yang mewakili Gubernur Jambi ini, Sekda Sudirman juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada Wakil Ketua KPK RI, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara RI dan Ketua Umum Bamag LKKI.

"Kedatangan Bapak-bapak merupakan suatu kehormatan bagi kami, dan tentunya menambah semangat bagi seluruh peserta rapat kerja wilayah (rakerwil) dan dialog kebangsaan ini. Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan acara ini, yang tentunya bisa diselenggarakan dengan adanya kerjasama yang baik Bamag LKKI Provinsi Jambi dengan Bamag LKKI Pusat dan semua pihak terkait," ucap Sekda Sudirman.

Dikatakan Sekda Sudirman, Rakerwil ini merupakan upaya Bamag LKKI Provinsi Jambi dan Bamag LKKI Pusat untuk meningkatkan kinerja organisasi, yang juga berkontribusi dalam pembangunan daerah dan nasional. “Dialog kebangsaan yang dirangkaikan dengan rakerwil ini merupakan suatu wujud kepedulian Bamag LKKI terhadap persatuan dan kesatuan serta kemajuan daerah, bangsa, dan negara,” kata Sekda Sudirman.

Sementara itu, Ketua Panitia Dialog Kebangsaan dan RAKERWIL BAMAG LKKI PROVINSI JAMBI Pdt. Paulus P. Sibarani, M.Th. M.Pd melaporkan, jumlah peserta berkisar 350 orang yang terdiri dari unsur pemerintah kab/kota maupun Provinsi Jambi, tokoh adat dan budaya Jambi, perwakilan para tokoh lintas agama, perwakilan organisasi keagamaan lintas agama, perwakilan organisasi kepemudahan lintas agama dan unsur tokoh-tokoh lainnya. (****)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya