Ilustrasi nenek moyang Merangin zaman dulu / istimewa

Budaya Nenek Moyang Merangin Akan Dipamerkan Bulan September

BANGKO, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Tanggal 01 hingga 02 September 2023 Merangin akan memaerkan berbagai budaya nenek moyang Merangin dalam acara Festival Kenduri Swarnabumi.

Hal yang akan dipublikasikan dalam kegiatan itu diantaranya menelusuri jejak peradapan masa lalu, apa-apa saja yang dilakukan nenek moyang pada jaman itu di sepanjang daerah aliran Sungai (DAS) dan bagaimana budaya dan kebiasaan serta adat-adat nenek moyang Merangin dulu.

“Sehingga bisa digali dan yang baik bisa kita implementasikan pada kehidupan sehari-hari setelah acara itu,’’ujar Wakil Bupati  Merangin Nilwan Yahya.

Nilwan pun telah memantau lokasi persiapan digelarnya Festival Kenduri Swarnabumi 2023 tepatnya di Desa Tiga Alur Kecamatan Pangkalan Jambu.

Dikatakan wabup, pesiapan acara ini sudah hampir 90 persen. ‘’Kita tinggal melengkapi beberapa bagian yang belum lengkap,’’ujar Wabup.

Wabup berharap nanti Gubernur Jambi H Al Haris bisa menghadiri acara tersebut, karena warga di Merangin khususnya warga Kecamatan Pangkalan Jambu sudah menanti kehadiran orang nomor satu di Pemerintahan Provinsi Jambi itu.

Di lokasi festival itu, sudah disediakan tempat duduk para tamu, kios-kios tempat menampilkan berbagai karya hasil kerajinan kearifan masyarakat yang dulu juga dibuat para nenek moyang warga setempat.

Di lokasi festival yang diprediksikan bakan berlangsung meriah dan spektakuler itu, juga ada panggung utama, untuk menampilkan berbagai seni pertunjukan yang dulu juga dilakukan nenek moyang warga setempat dan tak kalah menarik semua bagunan yang dibuat pada festival itu terbuat dari bambu seperti pada jamannya. (*)

 

Penulis: Teguh
Editor: Balqis
Sumber: Kominfo Merangin