54 Anggota Paskibraka Provinsi Jambi didominasi anak muda yang masih duduk di bangku kelas 2 SMA / foto: Humas Provinsi Jambi

Paskibraka Provinsi Jambi Didominasi Pelajar Kelas 2 SMA

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Paskibraka Provinsi Jambi didominasi anak SMA Kelas 2 dari berbagai sekolah yang ada di 11 kabupaten dan kota dalam Provinsi Jambi.

Gubernur Jambi Al Haris mengucapkan terima kasih kepada 54 anggota Paskibraka dan orang tua yang anaknya ikut dalam pasukan pengibar bendera merah putih.

Selama kurang dari 2 minggu melakukan latiuhan fisik, para paskibaraka ini pun ditempa kuat, karena darah muda yang masih kelas 2 SMA.

Untuk kesiapan terakhir juga telah dilakukan Geladi bersih pada pagi Selasa (15/8) di lapangan kantor Gubernur Jambi.

“Untuk Paskibraka ada 2 regu yakni Nusa dan Bangsa. Ada pasukan pengibaran dan penurunan mereka sudah siap,” pungkasnya.

Ini disampaikan gubernur saat pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tingkat Provinsi Jambi tahun 2023 di auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (15/08/2023) malam.

Prosesi pengukuhan Paskibraka yang berlangsung khidmat ini juga dihadiri Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, para Forkopimda, Sekda H.Sudirman, Kepala Kesbangpol Apani Saharudin dan disaksikan orang tua anggota Paskibraka.

“Terima kasih kepada orang tua yang telah punya anak membanggakan, bisa tampil di momen sangat penting bagi Indonesia, hari Indonesia Merdeka,” kata Al Haris.

Al Haris berpesan agar Paskibraka Provinsi Jambi 2023 dapat bertugas dengan penuh semangat mengibarkan bendera merah putih pada 17 Agustus 2023.

“Bertugaslah dengan penuh semangat, Insyaallah tugas mulia ini selesai dengan sempurna dan sebaiknya. Doa kami semoga anak kami sehat dan bisa menjalankan tugas mulia Pengibaran Bendera Merah Putih yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2023,” kata Al Haris.

“Pesan dari saya untuk paskibraka konsentrasi, jaga kesehatan dan fokus menjalankan tugas,” terangnya.

Pada akhir acara juga dilakukan poto bersama paskibraka dan jajaran pelatih dengan Forkopimda.

Setelah berlatih baris-berbaris dan fisik selama 13 hari lamanya, anggota Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Jambi dikukuhkan pada Selasa (15/8/2023).

Pasca mendapatkan pembekalan itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jambi H.Apani Saharudin optimis para siswa SMAN/SMKN terpilih itu mampu melaksanakan tugasnya sebaik mungkin pada 17 Agustus mendatang.

“Alhamdulillah sudah dilakukan pemusatan latihan dari 13 hari penuh dan anak-anak dibekali pengetahuan bela negara, serta juga ada motivasi agar anak-anak tetap semangat bergairah dan pembekalan pembangunan daerah,” sebutnya.

“Sehingga kami harapkan anak-anak yang sudah mendapatkan pembekalan itu mumpuni,” katanya.

Apani menyebut, dari latihan selama kurang dari 2 minggu itu, dari sisi fisik para paskibaraka kuat, karena darah muda yang masih kelas 2 SMA. “Serta tentunya kita perhatikan juga asupan makanan selama dikarantina,” akunya.

Untuk kesiapan terakhir juga telah dilakukan Geladi bersih pada pagi Selasa (15/8) di lapangan kantor Gubernur Jambi. “Untuk Paskibraka ada 2 regu yakni Nusa dan Bangsa. Ada pasukan pengibaran dan penurunan mereka sudah siap,” pungkasnya. (aan)

 

Penulis: Andri
Editor: Balqis
Sumber: Jambi Ekspres