Mahasiswa kedokteran / setkab.go.id

Daftar Prodi Kedokteran di Kampus Swasta Wilayah Sumatera

JAKARTA, bungopos.com - Jika tak lulus di perguruan tinggi negeri, kuliah jurusan kedokteran bisa pula dilakukan di kampus swasta. Di Sumatera ada banyak kampus swasta yang punya jurusan kedokteran dan telah melahirkan dokter-dokter hebat.

 

ACEH

 

1. Fakultas Kedokteran di Universitas Abulyatama (FK Unaya)

 

Unaya mencatat jumlah mahasiswa yang terus bertambah dan terus naik setiap tahun. Peminatnya terbilang tinggi untuk wilayah ujung Sumatera.

 

Fakultas Kedokteran Unaya mulai beroperasi tahun 1994 oleh Yayasan Abulyatama Aceh yang didirikan oleh DR. (HC).H.Rusli Bintang. Fakultas Kedokteran Abulyatama Program Studi Pendidikan Dokter mendapatkan Akreditasi B.

 

Di aceh ada 3 Fakultas Kedokteran, satu swasta dan dua negeri. Kampus negeri yang membuka jurusan kedokteran adalah Universitas Syiah Kuala dan Universitas Malikussaleh.

 

SUMUT

 

Sumatera Utara memiliki 4 kampus swasta yang membuka jurusan kedokteran. Sumut tercatat sebagai Provinsi yang memiliki kampus swasta jurusan kedokteran terbanyak dibanding provinsi lain di Sumatera.

 

1. Universitas Prima Indonesia atau UPI. (FK UPI)

UPI memiliki misi ingin menjadi fakultas unggulan nasional dalam mengembangkan Sociotechnopreneurship pada Ilmu Kesehatan untuk menghasilkan tenaga kesehatan dan IPTEKDOK melalui pengelolaan Tridharma yang mengedepankan nilai-nilai profesionalisme.

 

2. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FK UMSU)

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FK UMSU) didirikan pada tahun 2008.

 

FK UMSU tahun ini sudah berusia 15 tahun. Fakultas Kedokteran UMSU telah menghasilkan lulusan dokter yang yang profesional berdasarkan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan untuk dapat mengabdi dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas kesehatan bangsa.

 

3. Universitas Methodist Indonesia (FK UMI)

Fakultas Kedokteran UMI mengelola program studi Kedokteran Umum dan Profesi Dokter dengan status TERAKREDITASI.

 

FK UMI mendidik mahasiswa menjadi tenaga professional di bidang kedokteran dan memiliki keahlian professional maupun personal dalam dunia kedokteran maupun pendidikan.

 

4. Universitas HKBP Nommensen Medan (FK UHN)

Universitas HKBP Nommensen (UHN) didirikan oleh Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) pada tanggal 7 Oktober 1954. Universitas HKBP Nommensen yang seluruh kegiatannya didasarkan pada kasih kristiani mempunyai tujuan, visi, misi, falsafah dan motto.

 

Misi FK UHN adalah ingin menjadi Fakultas Kedokteran yang bereputasi di tingkat nasional, yang menghasilkan lulusan yang bermutu, berorientasi utama pada ilmu kedokteran tropis, berlandaskan cinta-kasih serta handal bekerja di layanan primer.

 

RIAU

 

1. Universitas Abdurrab (Univrab)

Universitas Abdurrab (Univrab) membuka Program Studi Pendidikan Dokter Univrab pada tahun 2008 dan merupakan satu-satunya Institusi Pendidikan Dokter Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Provinsi Riau.

 

Penyelenggaraan Program Studi ini bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK-UNDIP) Semarang Jawa Tengah. Pembentukan PSPD Univrab merupakan cita - cita dari Prof. Dr. dr. H. Tabrani Rab, Sp.P, Seorang putra daerah sekaligus tokoh masyarakat Riau.

 

Awalnya kampus ini megawali proses pendidikan melalui Sekolah Tinggi Kesehatan dibawah naungan Yayasan Univrab pada tanggal 11 Juni 1998.

 

KEPRI

 

1. Fakultas kedokteran Universitas Batam (FK Uniba)

Fakultas Kedokteran kampus swasta yang didirikan oleh Yayasan Griya Husada Kota Batam ini resmi berdiri tahun 2008.

 

Telah meluluskan dokter sekitar 700 dokter sejak tahun 2015 dan tersebar diseluruh Nusantara, diantara alumni juga sdh banyak yg melanjutkan pendidikan spesialis.

 

Fakultas Kedokteran direncanakan kedepan untuk dikembangkan sebagai sentra pendidikan kedokteran yg dapat memenuhi permintaan SDM dokter dari seluruh Nusantara.

 

SUMATERA BARAT

 

1. Universitas Baiturrahmah (FK Unbrah)

Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah berdiri pada tahun 1993 dalam bentuk Sekolah Tinggi Kedokteran yang berdiri sendiri dengan Program Studi Kedokteran Umum.

 

Pada tahun 1994 terbentuklah Universitas Baiturrahmah dan semua sekolah tinggi dibawah naungan Yayasan Pendidikan Baiturrahmah seperti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Sekolah Tinggi Kedokteran Gigi dan Sekolah Tinggi Kedokteran tergabung dalam wadah Universitas Baiturrahmah dan namanya berubah menjadi fakultas.

 

Sejak awal berdirinya Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah telah menjalin kerjasama dengan baik dengan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas terutama dalam proses belajar mengajar yang sebagian besar dosen yang memberi kuliah dan praktikum adalah dosen tetap Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan dari Dinas Kesehatan kota dan provinsi.

 

Universitas Baiturrahmah menjadi satu-satunya kampus swasta di Sumatera Barat yang membuka jurusan kedokteran. Ada dua prodi yaitu pendidikan dokter umum dan dokter gigi.

 

SUMATERA SELATAN

 

1. Universitas Muhammadiyah Palembang (FK UM Palembang) merupakan satu-satunya kampus swasta yang membuka Fakultas Kedokteran di Sumatera Selatan.

 

FK UM Palembang memiliki misi ingin menjadi salah satu Fakultas Kedokteran yang Terkemuka, Unggul, Bermutu dan Islami.

 

Selain FK UM, ada satu lagi Fakultas Kedokteran di Sumsel yaitu kampus negeri Unsri.

 

LAMPUNG

 

1. Universitas Malahayati Lampung (FL Unmal)

Merupakan satu-satunya kampus swasta yang membuka Fakults Kedokteran di Provinsi Lampung.

 

Universitas Malahayati (Unmal) didirikan di bawah Yayasan Alih Teknologi pada tanggal 27 Agustus 1993 dan disahkan berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.02/D/0/1994 pada tanggal 28 Januari 1994. Dr. Achmad Farich, dr. MM.

 

Berdiri pada tanggal 27 Agustus 1993 kini kampus ini dikenal luas tak hanya di Kota Bandar Lampung, tetapi juga di level provinsi dan Pulau Sumatera.

 

Demikianlah kampus-kampus swasta yang memiliki jurusan kedokteran dan melahirkan dokter-dokter hebat di Sumatera. (dpc)

 

Artikel: www.jambiekspres.co.id

 

Sumber: Jambi Ekspres