Jambekspres.co.id

Bulan Juli Inflasi di Bungo 0,3 Persen

MUARA BUNGO, bungopos.com - Pada Juli 2023 Kota Muara Bungo mengalami inflasi bulanan sebesar 0,3 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) yaitu sebesar 116,08. „

Inflasi di Kota Muara Bungo terjadi akibat kenaikan Indeks Harga Konsumen pada tujuh kelompok pengeluaran. Dari 24 kota se-Sumatera yang menghitung IHK, terdapat 23 kota mengalami inflasi. „ Inflasi tertinggi terjadi di Kota Gunungsitoli sebesar 1,3 persen dan terendah di Kota Bandar Lampung sebesar 0,03 persen. Ini disampaikan dalam release oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bungo.

Dalam release tersebut juga disampaikan, kota yang mengalami deflasi atau penurunan harga yaitu Kota Lhokseumawe yang mengalami deflasi sebesar 0,04 persen. „ Sebanyak 90 kota yang menghitung IHK se-Indonesia, 77 kota mengalami inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Manokwari sebesar 1,43 persen dan terendah terjadi di Kota Bulukumba sebesar 0,01 persen. Sedangkan 13 kota mengalami deflasi, dimana Kota Tual mengalami deflasi paling tinggi sebesar 0,5 persen dan terendah sebesar 0,01 persen terjadi di Kota Palangkaraya.

Dosen Institut Agama Islam Muhammad Azim Jambi, Salmia ME mengatakan ecara umum, inflasi disebabkan adanya kenaikan dari biaya produksi suatu barang. Selain itu juga disebabkan kenaikan harga barang baku. Hal ini membuat biaya produksi menjadi naik dan terus meningkat.

''Selain itu, inflasi juga bisa terjadi karena adanya peningkatan permintaan untuk jenis barang ataupun jasa yang tertentu,'' tuturnya.

Salah satu cara mengurangi inflasi adalah dengan cara melakukan penghematan pengeluaran pemerintah, menaikan pajak dan melakukan operasi pasar terbuka. Selain itu juga ada kebijakan moneter dengan melakukan intervensi harga dan meningkatkan suku bunga bank. (arm)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya