Jambekspres.co.id

Hari Ini UNP Mulai Terima Mahasiswa Kedokteran Angkatan Pertama

PADANG, bungopos.com – Hari ini 1 Agustus 2023 Universitas Negeri Padang (UNP) mulai menerima mahasiswa baru angkatan pertama Program Studi (Prodi) Kedokteran.

Pendaftaran dibuka secara online. Pengumuman pendaftaran telah pula dipublish secara resmi oleh UNP di laman resmi kampus UNP.

Jadwal penerimaan mahasiswa kedokteran UNP dibagi menjadi beberapa tahap.

Tahap pertama, pendafataran online seleksi nilai UTBK dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 8 Agustus 2023.

Tahap kedua, pengumuman hasil seleksi nilai UTBK 10 Agustus 2023.

Tahap ketiga, pendaftaran online seleksi ujian tertulis 1 sampai 15 Agustus 2023. Tahap keempat ujian tertulis berbasis computer akan dilaksanakan pada 18 Agustus 2023.

“Tersedia kuota 20 persen bagi calon mahasiswa kurang mampu, pemegang karti KIP kuliah dengan prestasi akademik tinggi,” ujar Dekan UNP, Dr.dr.Rika Susanti, Sp.FM(K) dikutip dari laman resmi kampus.

Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Padang berdiri pada bulan Desember tahun 2022 dengan visi menjadi institusi Pendidikan kesehatan yang bermartabat dan unggul di tingkat nasional dan internasional.

Saat ini FK UNP sedang dalam proses pendirian program studi kedokteran dengan memilih keunggulan manajemen resiko kesehatan bencana alam.

Unggulan ini dirumuskan berdasarkan analisis situasi yang dilakukan terutama dari aspek geografis Indonesia khususnya Sumatera Barat yang merupakan daerah rawan bencana.

FK UNP berlokasi di kampus V Kota Bukitinggi dengan rumah sakit Pendidikan utama adalah Rumah Sakit Ahmad Mochtar Bukittinggi.

Sejak awal pendirian FK UNP telah mengembangkan proses pembelajaran daring melalui aplikasi yang bisa diakses oleh mahasiswa dan dosen dengan tujuan agar semua proses pembelajaran bisa terdata dengan baik dan dosen bisa mengetahui jadwal, tempat serta materi pembelajaran dengan mudah.

Aplikasi ini juga didukung oleh program untuk pelaksanaan ujian berbasis komputer.

Saat ini FK UNP memiliki 56 orang dosen yang terdiri dari berbagai bidang ilmu, dengan jenjang Pendidikan magister, doktor, spesialis dan subspesialis.

“Baik yang berada di FK UNP maupun di rumah sakit jejaring,” ujar Rika.

UNP memang telah bertransformasi menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) di Indonesia per 25 November 2021 melalui Peraturan Pemerintah Nomor 114 Tahun 2021 dan akan terus memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan nasional.

Dorongan dalam pembentukan Program Studi Kedokteran dan Fakultas Kedokteran akan memberikan langkah konkrit UNP sebagai satuan pendidikan yang ikut serta dalam pembangunan kesehatan berkelanjutan secara menyeluruh. Sejak tahun 2018 hingga saat ini, Rektor UNP melalui Tim Task Force berupaya menyusun berbagai kebutuhan dan kelengkapan dalam penyusunan proposal pengajuan pendirian Program Studi Kedokteran kepada Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Pemerintah Daerah Provinsi Sumatra Barat telah memberikan rekomendasi pembukaan Program Studi Kedokteran UNP dengan memfasilitasi penyediaan rumah sakit pendidikan utama yaitu Rumah Sakit Umum Daerah Achmad Mochtar Bukittinggi.

Universitas Andalas sebagai universitas negeri yang sudah memiliki fakultas kedokteran yang terakreditasi unggul, turut memfasilitasi pendirian Program Studi Kedokteran UNP dengan menjadi fakultas kedokteran pembina.

Pengusulan Program Studi Kedokteran UNP dimulai pada tahun 2018 dengan membentuk Tim Task Force Program Studi Kedokteran UNP Melalui SK Rektor UNP Nomor 589/UN35/Kp/2018.

Dan tahun 2023 ini mulai menerima mahasiswa Angkatan pertamanya. (dpc/je)

 

Artikel ini telah tayang di www.jambiekspres.co.id

 

Editor: Balqis
Sumber: Jambi Ekspres