DAPAT WARNING : Para Bidan yang hadir pada acara Pengukuhan Bidan Delima Provinsi Jambi. Pengukuhan berlangsung di Gedung Gedung Maulidia Convention Center (MCC) Pematang Sulur Kota Jambi, Senin (31/7/2023)

7.945 Bidan di Jambi Diwarning Gubernur, Ini Peringatannya !

JAMBI, bungopos.com - Sebanyak 7.945 bidan di provinsi Jambi mendapat warning dari orang nomor satu di provinsi Jambi yakni Gubernur Jambi Dr H Al Haris. Al Haris meminta agar bidan dapat menjaga kesehatan ibu hamil di desa masing-masing.
"Saya berpesan kepada Bidan ini untuk selalu konsisten dengan tugasnya, karena ini menyangkut dengan nyawa manusia,'' ungkapnya saat Pengukuhan Bidan Delima Provinsi Jambi. Pengukuhan berlangsung di Gedung Gedung Maulidia Convention Center (MCC) Pematang Sulur Kota Jambi, Senin (31/7/2023). 

Gubernur mewanti-wanti bidan jangan sampai meninggalkan tempat bertugas disaat angka kelahiran tinggi. Saya berharap, Bidan dapat terus meningkatkan kualitas dan kompetensinya sebagai komunikator, motivator, fasilitator dan konselor bagi masyarakat. Sehingga mampu memberikan pendampingan pelayanan kesehatan  secara optimal, terutama terkait kesehatan ibu dan anak.

''Bidan memberikan Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Masyarakat, mulai dari remaja putri, calon pengantin, ibu hamil, bersalin, nifas, masa interval, bayi baru lahir, anak di masa golden age, hingga anak prasekolah,'' tegasnya.

Sementara itu sebelumnya, Ketua Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia Provinsi Jambi (PD IBI Jambi) Hj. Suryani, S.Pd., M.PH dalam laporannya mengatakan, Ikatan Bidan Indonesia dalam pembinaan keprofesian melalui penyelenggaraan registrasi sertifikasi lisensi bidan dan akreditasi program bidan delima merupakan program yang dikembangkan untuk peningkatan kualitas pelayanan tempat praktek mandiri bidan melalui pemberian pelayanan. Hj. Suryani juga melaporkan bahwa jumlah bidan di Provinsi Jambi sebanyak 7.945 orang yang berada di 11 kabupaten/kota dalam wilayah Provinsi Jambi. Sementara itu, tempat praktek mandiri bidan berjumlah 657 tempat. (arm)

 

 

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya