Sy Fasha dan Anies Baswedan

Jika Anies Menang Pilpres, Sy Fasha Diprediksi Jadi Gubernur

JAMBI, bungopos.com - Pemilihan presiden diprediksikan akan berdampak kepada pemilihan kepala daerah. Termasuk pemilihan Gubernur Jambi yang akan diperkirakan berlangsung November 2024 mendatang.

Diantara bakal calon gubernur yang disurvei mendapat popularitas tinggi yakni Al Haris, disusul Romi Haryanto dan Sy Fasha. 

"Jika di Pilpres Anies menang, saya perkirakan Fasha yang menang jika mencalonkan diri sebagai Gubernur," ungkap pengamat politik Universitas Jambi, H Navarin Karim. 

Dosen Prodi Ilmu Politik ini menyampaikan hasil pilpres akan berdampak langsung ke Pilkada.

Soal hasil survei yang menempatkan Sy Fasha diurutan ketiga, dia menyebutkan itu karena Sy Fasha belum menyatakan maju mencalonkan diri sebagai Gubernur Jambi. 

"Kalau Fasha sudah memastikan maju di Pilgub saya yakin elektabilitasnya meningkat," sebutnya. 

Sampai saat ini sebutnya, Fasha hanya memastikan maju sebagai anggota DPR RI.

Terkait survei yang menempatkan Al Haris sebagai peraih populeritas dan elektabilitas tertinggi, dia menyebut sebagai incumbent, raihan itu adalah hal yang wajar. 

"Termasuk juga Romi Haryanto yang meraih popularitas di urutan kedua, juga wajar karena dampak baliho nya yang bertebaran," tegasnya. 

Hanya saja dia berharap, terkait Pilkada ini, masyarakat jangan lagi seperti beli kucing dalam karung. "Jadi harus tahu betul visi misi dan orang-orangnya," tegas dosen senior ini. (arm)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya