ILUSTRASI : Hari santri nasional

Meriahkan Hari Santri, Ini Sejumlah Acara Yang Digelar Kemenag

Posted on 2024-10-15 18:57:28 dibaca 190 kali

JAKARTA, bungopos.com - Kementerian Agama (Kemenag) bersama Direktorat Pendidikan Islam Kemenag adakan lomba SMART (Santri Mode Art) Competition dalam rangka memeriahkan Hari Santri 2024. Kegiatan lomba ini memberikan kesempatan kepada santri dan masyarakat umum dari berbagai latar belakang profesi untuk ikut memeriahkan Hari Santri 2024 dengan tema Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Basnang Said menyampaikan tujuan diadakannya lomba SMART selain untuk memeriahkan Hari Santri 2024 juga untuk memetakan kemampuan bakat para santri. “Saat ini banyak santri yang memiliki bakat dan minat terpendam tetapi belum diberi kesempatan untuk uji coba bakat mereka, maka dari itu lomba ini (SMART) baik untuk mengasah bakat mereka,” ujar Basnang kepada NU Online pada Senin (14/10/2024).

Basnang menambahkan bahwa tujuan diadakan lomba SMART supaya santri memiliki jiwa kewirausahaan dengan mengasah kemampuannya dalam kegiatan santrinomic berupa membuat bisnis plan. “Tujuan lain, santri bisa mengekspresikan pandangan pribadinya utamanya pikiran-pikiran mereka berkait kekerasan yang terjadi selama ini di pesantren, mungkin juga di antara mereka ada yang mengalami tetapi belum mampu speak up (berbicara), tambahnya.

Terdapat 6 jenis lomba yang bisa diikuti para santri dan masyarakat umum dengan memperebutkan hadiah jutaan rupiah. Pendaftaran dan pengiriman karya hanya sampai 19 Oktober 2024. Bagi para santri maupun masyarakat umum yang berminat dapat menyimak informasi berikut.  

1. Cover Theme Song Hari Santri 2024

Peserta dibagi dalam dua kategori yaitu, Pesantren dan Umum (Solo, Group, dan Minus one). Peserta merupakan perorangan atau kelompok dengan jumlah personil yang tidak dibatasi. Peserta mengirimkan 1 rekaman video cover lagu theme song Hari Santri 2024. Video diunggah melalui akun media sosial pribadi dan di-tag ke akun media sosial Direktorat PD Pontren.2. SMART Santri Menulis

Kompetisi Santri Menulis merupakan kompetisi yang ditujukan kepada santri untuk membuat karya tulisan. Kompetisi ini terbuka untuk semua santri yang masih aktif dibuktikan dengan kartu identitas santri atau keterangan dari pondok pesantren. Karya tulisan bisa berbentuk opini atau artikel dengan tema pesantren ramah anak.

3. SMART Foto Daily Life Of Santri

Peserta lomba terdiri dari dua kategori: Kategori Santri dan Masyarakat Umum. Foto harus menggambarkan suasana keseharian santri di lingkungan pesantren, mencakup aspek-aspek seperti lingkungan yang aman, kegiatan edukatif, dan interaksi positif antara santri dan pengasuh. Foto diunggah melalui akun media sosial pribadi dan di-tag ke akun media sosial Direktorat PD Pontren.

4. SMART Video Ucapan Hari Santri 2024

Peserta dibagi dalam dua kategori: Santri dan Umum. Peserta merupakan perorangan atau kelompok dengan jumlah personil yang tidak dibatasi. Peserta mengirimkan 1 video yang di dalamnya harus memuat susunan ucapan, tulisan, dan/ atau jenis kreasi lainnya tentang Hari Santri 2024, Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan. Durasi video maksimal 60 detik (1 menit) sudah termasuk opening dan credit title tanpa jeda dengan mencantumkan pesan yang ingin disampaikan. Materi video boleh menggunakan genre dan metode apapun, seperti animasi, drama, religi, humor dan lain sebagainya.

5. SMART Video Pendek Pesantren Ramah Anak

Peserta lomba terbuka untuk seluruh santri dan masyarakat umum. Peserta merupakan perorangan atau kelompok dengan jumlah personil yang tidak dibatasi. Peserta mengirimkan 1 video yang di dalamnya memuat pesan tentang “Pesantren Ramah Anak”. Durasi video maksimal 3 menit sudah termasuk opening dan credit title tanpa jeda dengan mencantumkan pesan yang ingin disampaikan.

6. SMART Santrinomic

Kompetisi Santrinomic merupakan kompetisi penyusunan proposal bisnis Pesantren. Kompetisi ini terbuka untuk semua santri yang terdaftar di pesantren. Proposal bisnis harus asli dan belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan dalam kompetisi lain.

Untuk info lebih lengkap seputar persyaratan lomba dapat mengunjungi laman berikut: https://s.id/SyaratSmartCompetition(***)

Editor: arya abisatya
Sumber: NU Online
Copyright 2023 Bungopos.com

Alamat: Graha Pena Jambi Ekspres,
Jl. Kapt. Pattimura No. 35 KM. 08
Kenali Besar, Kec. Alam Barajo, Kota Jambi

Telpon: -

E-Mail: bungoposonline@gmail.com