MUSEUM Tsunami

Ini Dia Tiga Karya Arsitek Indonesia Yang Mendunia

Posted on 2024-10-13 21:39:48 dibaca 239 kali

JAKARTA, bungopos.com - Berbagai arsitektur berkelas karya arsitek Indonesia juga sudah dikenal hingga mancanegara. Tidak main-main, bahkan ada karya dari arsitek Indonesia yang mencetak rekor sebagai salah satu bangunan terbesar di Asia Tenggara, hingga menjadi salah satu arsitektur berkelas yang menjadi ikon di luar negeri.

Lantas, apa saja arsitektur berkelas karya arsitek Indonesia yang mendunia ?

Masjid Salman ITB - Achmad Noe’man

Memiliki julukan masjid tanpa kubah, ternyata masjid Salman ITB adalah karya perdana dari arsitek Indonesia, Achmad Noe’man. Memiliki arsitektur yang unik, masjid Salman ITB memiliki orisinalitas yang tinggi, dan dibangun dengan alur pikir yang berbeda. Tidak heran jika masjid Salman ITB menjadi salah satu bangunan yang terus menjadi ikon Kota Bandung hingga sekarang.

Tidak hanya itu, Achmad Noe’man juga merancang banyak masjid lain di dalam maupun luar negeri. Seperti Masjid Islamic Center Jakarta, Masjid Taman Ismail Marzuki Jakarta, hingga Masjid Syekh Yusuf di Cape Town Afrika dan mimbar Masjid Al Aqsa di Palestina. Banyaknya arsitektur berkelas yang dihasilkan, tidak heran jika Achmad Noe’man dijuluki “Arsitek Seribu Masjid”.

Masjid Istiqlal - Friedrich Silaban

Di balik megahnya arsitektur masjid Istiqlal, ternyata merupakan hasil dari arsitek kenamaan Indonesia, Friedrich Silaban. Hal ini bermula saat arsitek kelahiran Sumatera Utara tersebut memenangkan sayembara yang diadakan Ir. Soekarno dalam membuat desain maket masjid Istiqlal.

Menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara, masjid Istiqlal memiliki arsitektur yang unik dengan sirkulasi udara yang sangat baik, sehingga tetap sejuk meskipun tanpa pendingin ruangan. Selain masjid Istiqlal, sosok Friedrich Silaban turut merancang banyak bangunan lain di Indonesia, seperti Monumen Nasional, Gedung Bank Indonesia, hingga Monumen Pembebasan Irian Barat

Perpustakaan Universitas Indonesia (UI) - Budiman Hendropurnomo

Dikenal memiliki ciri khas dengan perpaduan arsitektur tradisional dan modern, nama Budiman Hendropurnomo adalah sosok di balik megahnya arsitektur Perpustakaan Universitas Indonesia (UI). Perpustakaan UI yang dibangun dengan kesan yang nyaman, karena konsep yang mendekat dengan alam dan adanya ruang luar yang juga digunakan sebagai tempat bersantai.

Selain membangun perpustakaan UI, Budiman Hendropurnomo juga turut merancang bangunan Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Berkat karya hebatnya ini, arsitek kebanggan tanah air ini berhasil mendapatkan penghargaan dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) 2018. (***)

Editor: arya abisatya
Sumber: https://kemenparekraf.go.id/
Copyright 2023 Bungopos.com

Alamat: Graha Pena Jambi Ekspres,
Jl. Kapt. Pattimura No. 35 KM. 08
Kenali Besar, Kec. Alam Barajo, Kota Jambi

Telpon: -

E-Mail: bungoposonline@gmail.com