KEREN : Museum MotoGP pertama di dunia

Keren! Indonesia Bangun Museum MotoGP Pertama di Dunia

Posted on 2024-10-03 01:55:50 dibaca 150 kali

JAKARTA, bungopos.com - Museum MotoGP dibagi menjadi 2 bangunan, North Gallery dan South Gallery berisi memorabilia atau koleksi ikonik dari dunia olahraga otomotif roda dua. Seperti helm dan baju balap yang telah berteknologi kantung udara (airbag) canggih, pelindung kaki dan siku, serta penutup (visor) motor balap. Masih ada lagi poster dan koleksi barang-barang unik milik pebalap-pebalap terkenal termasuk replika motor balap milik Pertamina Enduro VR46, tim balap MotoGP milik Valentino Rossi yang disponsori PT. Pertamina. 

Seperti diketahui, selama ini penyelenggara MotoGP tidak pernah membangun sebuah galeri khusus yang memajang beragam memorabilia milik pebalap dan tim. Sebaliknya, sejumlah pebalap tenar justru memilih membangun museum pribadi untuk menyimpan aneka barang-baran kenangan seperti piala dan benda-benda lainnya dari si pebalap. Misalnya Marquez yang mendirikan museum pribadi di kampung halamannya di Cervera, Spanyol. 

Atau museum pribadi Valentino Rossi yang berada di salah satu sudut rumahnya di Tavullia, Italia. Masih ada nama Jorge Lorenzo, mantan rekan satu tim Rossi yang ikut membangun museum pribadi. Jika Marquez dan Rossi menyimpan aneka koleksi piala, helm dan pakaian balap dan motor balap, maka hal berbeda dilakukan Lorenzo. Dirinya turut menyimpan koleksi helm dan baju balap dari Formula Satu.

Sementara itu, Direktur Utama MGPA Priandhi Satria selaku pengelola Sirkuit Mandalika mengungkapkan, bangunan museum yang didominasi oleh banyak rangka besi masih bersifat sementara. Ia beralasan karena MGPA dan ITDC mengejar waktu penyelenggaraan MotoGP musim 2024 di Sirkuit Mandalika. 

Priandhi menargetkan pada MotoGP musim 2025 yang digelar di Mandalika nanti, bangunan yang sekarang bisa berwujud permanen dengan koleksi lebih lengkap termasuk yang didatangkan langsung oleh Dorna Sports. Museum MotoGP tidak saja bisa dikunjungi penonton balap karena terbuka untuk didatangi oleh wisatawan dan masyarakat di sekitar Pulau Lombok. (***)

Editor: arya abisatya
Sumber: https://indonesia.go.id/
Copyright 2023 Bungopos.com

Alamat: Graha Pena Jambi Ekspres,
Jl. Kapt. Pattimura No. 35 KM. 08
Kenali Besar, Kec. Alam Barajo, Kota Jambi

Telpon: -

E-Mail: bungoposonline@gmail.com