LEGENDARIS : Es dawet yang berasal dari pulau Jawa

Cuaca Panas Cocok Minum Es, Ini Dua Es Tradisional Indonesia Yang Melegenda

Posted on 2024-10-01 23:42:17 dibaca 182 kali

JAMBI, bungopos.com - Indonesia dengan iklim tropisnya yang hangat sepanjang tahun memiliki beragam minuman es yang menyegarkan. Minuman-minuman ini tidak hanya menghilangkan dahaga, tetapi juga menyimpan kenangan dan cerita dari berbagai daerah. Yuk, kita kenali es viral legendaris Indonesia sebagai berikut : 

1. Es Cincau 

Es Cincau adalah salah satu minuman tradisional Indonesia yang sangat populer, terutama ketika cuaca panas. Tradisi mengonsumsi cincau sudah ada sejak zaman dulu dan dipercaya berasal dari budaya Tionghoa yang menyebar ke berbagai wilayah Asia, termasuk Indonesia. Minuman ini tidak hanya menawarkan kesegaran, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan berkat bahan utamanya yaitu cincau. Kandungan serat yang tinggi dalam cincau membantu melancarkan pencernaan, selain itu cincau juga memiliki efek pendingin yang dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Potongan cincau ditambah dengan sirup, santan dan es serut sangat cocok menjadi minuman pelepas dahaga ditegah terik matahari, Sob! 

3. Es Dawet: Tradisi Jawa yang Menggoda

Es Dawet adalah minuman khas yang berasal dari Jawa. Dawet yang terbuat dari tepung beras yang dihidangkan dengan kuah santan, gula merah cair, dan es serut memberikan rasa manis gurih yang khas. Minuman ini telah ada sejak lama dan tetap menjadi pilihan untuk menyegarkan diri di hari yang panas.

4. Es Pisang Ijo: Ikon Kuliner Makassar

Es Pisang Ijo adalah minuman khas dari Makassar yang sudah terkenal hingga ke berbagai penjuru Indonesia. Terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau, kemudian disajikan dengan bubur sumsum, sirup merah, dan es serut, minuman ini menyuguhkan rasa manisnya dan menyegarkan. (***)

 

Editor: arya abisatya
Sumber: https://www.kemenparekraf.go.id/
Copyright 2023 Bungopos.com

Alamat: Graha Pena Jambi Ekspres,
Jl. Kapt. Pattimura No. 35 KM. 08
Kenali Besar, Kec. Alam Barajo, Kota Jambi

Telpon: -

E-Mail: bungoposonline@gmail.com