TERBANYAK PENONTON : Film dengan terbanyak penonton

Ini Dia Deretan Film Indonesia dengan Penonton Terbanyak di Bioskop

Posted on 2024-09-20 06:44:43 dibaca 59 kali

JAKARTA, bungopos.com - Film menjadi salah satu bagian industri kreatif dalam proses pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Hal ini dikarenakan film menjadi salah satu sub-sektor yang cukup laris, mengingat adanya potensi dan peluang penonton yang sangat besar di Indonesia.

Ditambah lagi, beberapa tahun ke belakang, industri perfilman mulai tumbuh. Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya produksi film dalam negeri yang tentunya dibarengi peningkatan kualitas film Indonesia itu sendiri.

Hingga akhirnya, peningkatan tersebut pun berdampak ke jumlah penonton. Tidak jarang, beberapa film Indonesia masuk ke dalam kategori film terlaris dengan jumlah penonton terbanyak. Sebagai gambaran, berikut adalah deretan film Indonesia dengan jumlah penonton bioskop terbanyak sepanjang masa:

 

 

Warkop DKI Reborn: Jangkrik Bos! Part 1 (2016)

Hingga 2020, film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Bos! Part 1 menjadi film Indonesia terlaris dan memiliki penonton terbanyak. Film yang tayang pada September 2016 ini berhasil mendapatkan jumlah penonton sekitar 6,9 juta penonton sejak hari pertama penayangan.

Tidak hanya itu saja, film yang disutradarai Anggy Umbara ini juga berhasil menyabet piala kategori Box Office pada 2017 sebagai Film Terlaris. Film yang diperankan oleh aktor Abimana Aryasatya, Vino G Bastian, dan Tora Sudiro ini mengangkat kembali sisi unik dari sang legenda; Warkop DKI.

Laskar Pelangi (2008)

Siapa sangka, film Laskar Pelangi yang sudah ditayangkan lebih dari 10 tahun lalu masih bertengger di deretan film terlaris dan jumlah penonton terbanyak hingga sekarang. Disutradarai Riri Riza, film yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata ini berhasil meraih sebanyak 4,2 juta penonton sejak hari pertama ditayangkan.

Secara garis besar, Laskar Pelangi menceritakan tentang realitas sosial masyarakat di Belitung. Seluruh sisi kehidupannya pun diangkat, mulai dari persahabatan dan harapan setiap orang yang dibingkai sangat cantik serta menyentuh. Tidak lupa keindahan alam Belitung juga tersaji di film ini.

Habibie & Ainun (2012)

Di posisi selanjutnya ada Habibie & Ainun yang terinspirasi dengan kisah cinta Presiden Indonesia Ketiga, BJ Habibie. Film ini berhasil mengoyak perasaan lebih dari 4,6 juta penonton sejak hari pertama ditayangkan. Film yang diperankan oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari ini pun berhasil memecahkan rekor penonton terbanyak di hari ketiga penayangannya.

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.kemenparekraf.go.id/
Copyright 2023 Bungopos.com

Alamat: Graha Pena Jambi Ekspres,
Jl. Kapt. Pattimura No. 35 KM. 08
Kenali Besar, Kec. Alam Barajo, Kota Jambi

Telpon: -

E-Mail: bungoposonline@gmail.com