Sri Mulyani

Ini Proyeksi Empat Tantangan Ekonomi Era Prabowo- Gibran Menurut Sri Mulyani

Posted on 2024-08-19 20:29:52 dibaca 453 kali

JAKARTA, bungopos.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyoroti empat risiko utama yang memengaruhi pelaksanaan anggaran pada masa pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Risiko tersebut meliputi suku bunga global yang masih tinggi, tensi geopolitik yang memanas, pertumbuhan ekonomi global yang lemah, serta gejolak pasar keuangan.

“Global environment masih sangat tidak pasti meskipun kita melihat ada suatu pola yang berulang,” ujar Sri Mulyani saat konferensi pers di kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta.

Untuk menghadapi tantangan ini, pemerintah akan tetap fokus pada kebijakan yang mendukung daya beli masyarakat, penciptaan lapangan kerja, serta reformasi pendidikan dan kesehatan. Selain itu, pemerintah akan melanjutkan reformasi perpajakan, memperluas basis pajak, dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak untuk memperkuat ruang fiskal.

RAPBN 2025 dirancang dengan visi jangka panjang untuk menjaga stabilitas, inklusivitas, dan keberlanjutan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan melalui pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Presiden Jokowi menegaskan pentingnya melanjutkan reformasi struktural, menjaga kebijakan fiskal yang sehat, dan meningkatkan kolaborasi antara kebijakan fiskal, moneter, dan keuangan.

Dengan optimisme dan tekad yang kuat, pemerintah berharap APBN 2025 dapat menjadi fondasi yang kokoh untuk menghadapi tantangan global, sambil terus mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan merata di seluruh Indonesia. (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.indonesia.go.id/
Copyright 2023 Bungopos.com

Alamat: Graha Pena Jambi Ekspres,
Jl. Kapt. Pattimura No. 35 KM. 08
Kenali Besar, Kec. Alam Barajo, Kota Jambi

Telpon: -

E-Mail: bungoposonline@gmail.com