Foto: Mouly Surya sutradara film Trigger Warning asal Indonesia (Ilustrasi by Grid)

Ini Tiga Sutradara Indonesia yang Mendunia

Posted on 2024-08-05 03:34:34 dibaca 678 kali

JAKARTA, bungopos.com - 

Industri film menjadi salah satu subsektor ekonomi kreatif yang terus mengalami perkembangan. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya film buatan Indonesia yang menghiasi layar bioskop dan sukses menarik perhatian pecinta film dalam maupun luar negeri. Namun, kesuksesan film-film lokal tersebut tentunya tidak bisa dipisahkan dari peran sutradara Indonesia dalam menggarap sebuah film.

Kualitas sutradara Indonesia dalam membuat sebuah film dengan jalan cerita menarik tidak bisa dianggap remeh. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya karya-karya film lokal yang sukses bersaing di kancah internasional. Hebatnya lagi, tidak sedikit film lokal yang ditayangkan di luar negeri, serta berhasil menyabet penghargaan internasional.

Berkat karya-karya hebat yang berhasil diciptakan, bukan hal mengejutkan jika saat ini banyak rumah produksi (production house/PH) luar negeri mulai melirik para sutradara Indonesia. Bahkan, ada beberapa sutradara lokal yang telah diajak bekerja sama untuk menggarap film luar negeri berskala Hollywood. 

Lantas, siapa saja mereka? Berikut 3 sutradara Indonesia yang terlibat pembuatan film internasional berskala Hollywood: 

Kimo Stamboel

Sutradara Indonesia yang terkenal dengan ahlinya film horor. Tidak main-main, bahkan banyak film buatan sutradara 25 Juni 1980 ini yang tembus jutaan penonton. Salah satu film terbaru dari Kimo Stamboel yang sukses menarik perhatian pecinta film horor adalah Badarawuhi di Desa Penari (2024).

Kimo Stamboel baru-baru ini juga bekerja sama dengan Netflix dalam memproduksi film horor bertema zombie, dengan balutan cerita dan budaya Indonesia. Film yang akan mengambil latar di desa terpencil dekat Yogyakarta ini akan berkisah tentang pemilik usaha jamu yang justru memicu wabah zombie. Rencananya, film berjudul Abadi Nan Jaya akan rilis 2025. 

Timo Tjahjanto

Kalau membahas sutradara Indonesia yang sukses menyutradarai berbagai macam film lokal dan internasional, Timo Tjahjanto adalah satu di antaranya. Hal ini tentunya berkat banyaknya film-film terbaik yang pernah dibuat oleh sutradara kelahiran 4 September 1980 ini. 

Salah satu film yang menarik perhatian pecinta film adalah Headshot (2016). Film action-thriller ini ditampilkan di Toronto International Film Festival dan L’Estrange Festival Paris 2016. Selain itu, masih banyak keterlibatan Timo Tjahjanto dalam menggarap film-film internasional, paling baru adalah ditunjuk sebagai sutradara film Hollywood, Nobody 2, yang menjadi sekuel film Nobody (2021). Keterlibatannya dalam film Nobody 2 menjadi kerja sama perdana Timo Tjahjanto dengan Universal Pictures.

Mouly Surya

Satu lagi sutradara Indonesia yang melebarkan sayap di pasar internasional, Mouly Surya. Sutradara kelahiran Jakarta, 10 September 1980 ini menjadi sutradara Indonesia pertama yang terlibat langsung dalam pembuatan film Hollywood, Trigger Warning. 

Tayang di Netflix pada 21 Juni 2024, Trigger Warning digarap oleh Mouly Surya dan diproduseri oleh Basil Iwanyk; produser film John Wick, Sicario, dan Wind River. Film bergenre action-thriller ini sukses menarik perhatian penonton di seluruh dunia, dan menempati posisi pertama dalam kategori Top Movie di Amerika Serikat (AS). Pencapaian tersebut menjadi bukti nyata bahwa Mouly Surya merupakan sutradara perempuan Indonesia yang sukses di dalam negeri dan luar negeri. 

Sebelum Trigger Warning, banyak karya-karya film lain yang disutradarai langsung oleh Mouly Surya. Beberapa di antaranya: Fiksi (2008), Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (2017), dan Perang Kota (2024) yang mana sempat tayang di Cannes Film Festival pada Mei 2024. (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.kemenparekraf.go.id/
Copyright 2023 Bungopos.com

Alamat: Graha Pena Jambi Ekspres,
Jl. Kapt. Pattimura No. 35 KM. 08
Kenali Besar, Kec. Alam Barajo, Kota Jambi

Telpon: -

E-Mail: bungoposonline@gmail.com