BANTUAN : Bupati Bungo HM Mashuri meninjau sejumlah titik banjir sekaligus memberikan bantuan

Bungo Dikepung Banjir, Ini Langkah Bupati Bungo Atasi Bencana

Posted on 2023-12-24 23:34:58 dibaca 1383 kali

MUARA BUNGO, bungopos.com - Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bungo, ada sebanyak 91 Dusun dan 16 kecamatan yang terendam bungopos.com/tag/banjir'>banjir.

"Data yang kami terima saat ini ada 91 Dusun, 16 kecamatan terendam bungopos.com/tag/banjir'>banjir, bungopos.com/tag/banjir'>banjir ini cukup besar mengakibatkan aktivitas masyarakat lumpuh, akses jalan terputus dan rumah warga terendam bungopos.com/tag/banjir'>banjir," kata Kepala BPBD Bungo, Zainadi. 

Berdasarkan pantauan di lapangan, hingga pagi ini kondisi bungopos.com/tag/banjir'>banjir masih merendam sejumlah rumah warga. Akses jalan terputus dan terjadi pemadaman listrik negara yang disebabkan tingginya debit air. Saat ini warga yang rumahnya terendam bungopos.com/tag/banjir'>banjir memerlukan bantuan berupa makanan darurat seperti mie instan, makanan kaleng serta beras.

"Saat ini kami butuh tenda dan perahu karet untuk mengevakuasi barang yang bisa diselamatkan, selain itu kami juga perlu makanan seperti mie instan ," kata Fitri, salah satu korban bungopos.com/tag/banjir'>banjir di kampung lubuk

Ia berharap pemerintah daerah segera mengambil sikap, sehingga dapat segera memberikan bantuan kepada masyarakat yang memerlukan di tengah bungopos.com/tag/banjir'>banjir sedang melanda.

Sementara itu, Bupati Bungo H Mashuri bersama unsur Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) sendiri sudah meninjau beberapa lokasi titik bungopos.com/tag/banjir'>banjir yang melanda di Kabupaten Bungo. saat meninjau warganya yang menjadi korban bungopos.com/tag/banjir'>banjir, Bupati meminta kepada seluruh masyarakat untuk selalu siaga dan waspada terhadap kondisi bungopos.com/tag/banjir'>banjir yang terjadi

" Saat ini ada beberapa kecamatan yang berada di aliran Sungai Batang Bungo, Batang tebo, Batang jujuhan dan Batang pelepat sedang dilanda bungopos.com/tag/banjir'>banjir, dan pagi ini kami datang langsung untuk meninjau lokasi bungopos.com/tag/banjir'>banjir, kami meminta kepada masyarakat untuk tetap siaga dan waspada," kata bupati saat meninjau lokasi bungopos.com/tag/banjir'>banjir di kampung lubuk, kelurahan manggis, kecamatan Bathin III.

Ia mengatakan untuk saat ini Pemkab Bungo terus melakukan pendataan dan monitoring kondisi bungopos.com/tag/banjir'>banjir. Pihaknya kata Bupati terus berkoordinasi ke semua pihak, mendata dan monitor daerah Kabupaten Bungo yang terendam bungopos.com/tag/banjir'>banjir. Menurutnya, sampai kini dilaporkan kurang lebih 18 ribu KK yang terdampak bungopos.com/tag/banjir'>banjir.

''Kita juga telah mengirimkan perahu karet untuk mengevakuasi warga dan tenda, selain itu kami juga telah memerintahkan kepala BPBD Bungo untuk menyurati Provinsi agar bisa membantu kekurangan tenda dan perahu karet, dan jika kondisi bungopos.com/tag/banjir'>banjir makin meluas dan tak kunjug surut tentu kita akan membuka dapur umum untuk membantu keperluan warga, semoga bungopos.com/tag/banjir'>banjir ini segera surut dan masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa," Ucap Bupati.  Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk selalu mengutamakan keselamatan jiwa di saat kondisi bungopos.com/tag/banjir'>banjir seperti ini. (***)

 

Editor: setya Abisatya
Copyright 2023 Bungopos.com

Alamat: Graha Pena Jambi Ekspres,
Jl. Kapt. Pattimura No. 35 KM. 08
Kenali Besar, Kec. Alam Barajo, Kota Jambi

Telpon: -

E-Mail: bungoposonline@gmail.com