CAWAPRES : Gus Imin, Gibran, Mahfud MD

Debat Cawapres Seru, Mulai IKN Hingga Ekonomi Syariah Jadi Perdebatan

Posted on 2023-12-23 00:58:18 dibaca 1237 kali

JAKARTA, bungopos.com -  Debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI tanggal 23 Desember 2023 berlangsung seru. Masing-masing Cawapres menyampaikan gagasannya. Misalnya Cawapres Anies, yakni Muhaimin Iskandar - yang akrab disapa Gus Imin - menjabarkan sejumlah masalah ekonomi yang harus diberantas. Ia menggunakan kata “selepet” untuk menggambarkan upaya pemberantasan tersebut.

Gus Imin mengklaim bakal mengurangi angka pengangguran yang saat ini mencapai 8 juta jiwa. Namun, 80 juta lainnya bekerja di sektor informal yang pendapatannya tidak pasti.Ia juga berjanji akan melanjutkan, bahkan menambah program bansos.

 

Cak Imin juga menjanjikan 5 persen APBN, sekitar Rp150 triliun, untuk kaum muda, salah satunya melalui program Kredit Usaha Anak Muda. Ia juga berjanji akan memberikan Rp5 miliar per desa tiap tahun.

Sementara Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD yang juga Cawapres Ganjar Pranowo menyoroti maraknya korupsi di Indonesia sebagai penghalang terbesar untuk mencapai kemakmuran ekonomi.

"Ada yang bertanya kepada kami: 'mungkin tidak Anda mentargetkan mendapat pertumbuhan ekonomi 7% di dalam satu tahun karena di dalam sejarah reformasi tidak pernah sampai tumbuh sebanyak 7%'," tutur Mahfud MD.

 

Sedangkan Gibran juga menyinggung bahwa pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang berkelanjutan akan membuka titik pertumbuhan ekonomi baru, membuka akses, dan konertivitas, serta lapangan kerja. Ia juga meyakini suatu saat nanti Indonesia akan menjadi raja energi hijau dunia dengan mengembangkan bio diesel, bio avtur dari sawit, dan bio etanol.

"Untuk menjadi Indonesia emas, dibutuhkan generasi emas, kita harus mampu mengubah feature talent dan future skill. Untuk digitalisasi akan siapkan anak-anak muda yang ahli AI, ahli bitcoin, ahli robotik, ahli perbankan syariah, dan anak muda ahli kripto. (***)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya
Sumber: Berbagai Sumber
Copyright 2023 Bungopos.com

Alamat: Graha Pena Jambi Ekspres,
Jl. Kapt. Pattimura No. 35 KM. 08
Kenali Besar, Kec. Alam Barajo, Kota Jambi

Telpon: -

E-Mail: bungoposonline@gmail.com