PENDIRI PMII : KH Nuril Huda

In Memoriam Pendiri PMII, KH Nuril Huda Bersepeda dari Lamongan ke Yogya Demi Kuliah

Posted on 2023-12-20 21:33:06 dibaca 1449 kali

SEKITAR tahun 1958, A.N. Nuril Huda Suaiby (Suaiby bukan Suaidy, sebagaimana tertulis dalam nama kepengurusan PC IPNU Surakarta tahun 1961) dengan jiwa muda dengan penuh semangat mengayuh sepeda dari tempat kelahirannya di Lamongan menuju ke Yogyakarta dan Solo. Tentu Nuril Huda bersepeda sejauh itu bukan untuk memecahkan rekor, melainkan demi bisa kuliah. Adapula versi lain yang penulis dapatkan, karena ia ingin menemui salah satu idolanya, yakni Pendiri IPNU KH Tolchah Mansoer. Kiai Nuril bercerita, sedianya ia ke Yogyakarta untuk mendaftar di salah satu perguruan tinggi. Namun, sayangnya pendaftaran di kampus tersebut telah ditutup dan mesti menunggu tahun ajaran berikutnya. Alhasil, entah bagaimana cerita lengkapnya, ia kemudian justru datang ke Kota Surakarta, yang kala itu terdengar kabar telah dibuka sebuah kampus baru yang bernama PTINU (Perguruan Tinggi Islam Nahdlatul Ulama).

Ia pun mendaftar di PTINU dan diterima di Fakultas Hukum Islam (Kulliyatul Qadha). Sembari kuliah, ia juga nyantri ke Pesantren Al-Muayyad Mangkuyudan yang kala itu masih diasuh oleh Kiai Ahmad Umar Abdul Mannan. Tak cukup dengan kuliah dan nyantri, meski di tanah perantauan, jiwa sebagai seorang aktivis Nuril Huda pun tetap menyala. Sebelum pindah ke Solo, ia tercatat pernah menjadi Ketua PC IPNU Lamongan (riwayat lain menyebutkan Tuban).Kiai Nuril kemudian ikut aktif bersama IPNU Surakarta, yang dipimpin oleh H Mustahal Achmad. Tahun 1961, ia bahkan dipercaya untuk menggantikan H Mustahal menjadi ketua PC IPNU Surakarta. Selain di IPNU, semasa kuliah di Surakarta pada 17 April 1960, Nuril Huda bersama wakil mahasiswa dari Surakarta lainnya, Laily Mansur, juga ikut menjadi saksi bersejarah lahirnya PMII di Surabaya.Missi Islam Usai menamatkan kuliah, Kiai Nuril juga tercatat sebagai salah satu penggerak dakwah "Missi Islam". Melalui wadah ini, Kiai Nuril bersama sejumlah ulama muda lainnya di NU, berkeliling ke berbagai penjuru Tanah Air untuk menyebarkan ajaran Islam. Dari penuturan Pengasuh Pesantren An Najah Gondang Sragen KH Minanul Aziz Syathori, ketika mondok di Mangkuyudan (sebutan populer untuk Pesantren Al Muayyad), Kiai Nuril Huda sudah pandai pidato dan sering diminta untuk mengisi ceramah.

Rabu, 20 Desember 2023 Pukul 06.35 WIB KH Nuril Huda wafat. Semoga ia mendapatkan Rahmat dan Ampunan dari Allah SWT. Apa yang pernah ia dirikan dan perjuangkan semasa hidup, semoga menjadi amal baik dan pahala jariyah yang terus mengalir untuknya. Lahul fatihah(***)

 

Penulis: Ajie Najmuddin
Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.nu.or.id/
Copyright 2023 Bungopos.com

Alamat: Graha Pena Jambi Ekspres,
Jl. Kapt. Pattimura No. 35 KM. 08
Kenali Besar, Kec. Alam Barajo, Kota Jambi

Telpon: -

E-Mail: bungoposonline@gmail.com