ILUSTRASI : Wisudawan yang baru saja menyelesaikan kuliahnya

Mau Tahu Negara Yang Memiliki Jumlah Penduduk Berpendidikan Doktor Terbanyak ? Ini Dia Negara-negaranya

Posted on 2023-10-13 22:52:14 dibaca 1609 kali

JAMBI, bungopos.com - Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu faktor pendorong kemajuan ekonomi semua negara atau daerah.  Kemajuan SDM ini bisa dilihat dari tingkat pendidikan penduduk sebuah negara. Menurut organisasi kerjasama ekonomi dan pembangunan atau disingkat dengan OEDC,  negara-negara yang banyak memiliki doktor adalah sebagai berikut : 

1. Amerika Serikat

Jumlah penduduk Amerika yang berpendidikan S3 atau doktor sebanyak 67.449 orang. Jumlah menempatkan amerika sebagai negara dengan penduduk yang berpendikan doktor terbanyak dibandingkan negara-negara lain sedunia. 

 

2. Jerman

Negara yang dulunya dikenal dengan Nazi ini menduduki peringkat kedua sebagai negara dengan penduduk terbanyak bergelar doktor. Jumlah doktor di negara yang menggratiskan pendidikan dasar hingga S3 ini yakni sebanyak 28.147 orang. 

 

3. Inggris

Negara yang berbentuk monarki atau kerajaan ini menempati posisi ketiga sebagai negara dengan jumlah penduduk berpendidikan doktor. Jumlah penduduknya yang berpendidikan doktor yakni sebanyak 25.020 orang. 

 

4. India

Negeri bollywood ini sebagai menempati peringkat pertama di Asia, negara yang memiliki penduduk bergelar doktor tersebut. Tapi dibandingkan dengan negara-negara se dunia, India menduduki peringkat nomor empat, dengan jumlah penduduknya yang bergelar doktor sebanyak 24.300 orang. 

 

5. Jepang 

Negara dengan industri maju ini menduduki peringkat kelima dunia atau kedua di Asia yang jumlah penduduknya berpendidikan doktor terbanyak. Jumlah penduduknya yang bergelar doktor sebanyak 16.039 orang. 

Lantai bagaimana dengan Indonesia

Indonesia menurut survei OEDC ini menempatkan urutan ke 13 dunia  dengan jumlah penduduk yang bergelar doktor sebanyak 3.591 orang. Jumlah ini tentu masih sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia. Dimana jumlah penduduk Indonesia merupakan terbesar keempat dunia yakni sebanyak  277,7 juta jiwa. Yuk berlomba-lomba meraih doktor. (arm)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya
Copyright 2023 Bungopos.com

Alamat: Graha Pena Jambi Ekspres,
Jl. Kapt. Pattimura No. 35 KM. 08
Kenali Besar, Kec. Alam Barajo, Kota Jambi

Telpon: -

E-Mail: bungoposonline@gmail.com