CAPRES : Tiga bakal calon presiden, Anies R Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo

Jambi Akan Jadi Lumbung Suara Capres Mana ? Ini Analisanya !

Posted on 2023-07-31 22:35:59 dibaca 2387 kali

JAMBI, bungopos.com - Jambi akan menjadi lumbung suara calon presiden mana ? Para pengamat politik Jambi banyak yang menyampaikan analisanya. Ada yang menyebut masih gelap, tapi ada juga menyebutkan menunggu pasangan Cawapresnya. Misalnya Wakil Rektor II IAIN Kerinci, Dr Ahmad Ja'far mengaku sampai hari ini belum ada penelitian terkait hal tersebut. 

''Siapa Capres yang akan menang di Jambi nantinya kita masih gelap,'' tukasnya saat dihubungi media ini.

Tapi dia menyampaikan prilaku pemilih di Provinsi Jambi. Perkiraan doktor politik lulusan Universitas Indonesia ini, untuk pemilih Prabowo tahun 2019 lalu kemungkinan akan lari kepada Anies Baswedan. Sedangkan pemilih Prabowo dan Ganjar kemungkinan berasal dari pemilih Jokowi saat Pilpres 2019 lalu. 

''Jadi Prabowo dan Ganjar akan memperebutkan pemilih Jokowi. Kalau pemilih Prabowo pada tahun 2019 lalu sudah dipastikan bakal pindah ke Anies, terlebih lagi bagi mereka yang bukan berasal dari kader dan simpatisan partai Gerindra,'' sebut mantan Ketua Ombudsman Provinsi Jambi.

Sedangkan pengamat politik dari Universitas Jambi, Navarin Karim MSi menyampaikan Jambi akan menjadi lumbung atau basis massa Prabowo. Ini dilihat dari fenomena saat Rakernas APDESI yang belum lama ini diselenggarakan di Jambi.

''Di Rakernas tersebut, banyak Kades yang mengelu elukan Prabowo, demikian juga masyarakat,'' tuturnya.

Hanya saja memang, fenomena itu belum jadi acuan, tergantung siapa calon wakil presiden yang dipilih Prabowo nantinya. Jika Cawapresnya dari kalangan NU, Navarin ini meyakini bahwa Prabowo bakal menang.

''Jika yang dipilih Cawapres bukan dari kalangan NU, saya agak ragu,'' tukasnya. 

Sedangkan untuk Anies, dia menyebutkan sangat sulit meraih suara di kalangan grass road wilayah pedesaan. Kecuali Anies mendapatkan wakil dari kalangan Nahdlyin. 

''Anies menangnya hanya di perkotaan, sedangkan wilayah pedesaan, agak kurang,'' tandasnya. (arm)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya
Copyright 2023 Bungopos.com

Alamat: Graha Pena Jambi Ekspres,
Jl. Kapt. Pattimura No. 35 KM. 08
Kenali Besar, Kec. Alam Barajo, Kota Jambi

Telpon: -

E-Mail: bungoposonline@gmail.com