FOTO BERSAMA : Bupati Bungo HM Mashuri saat peringatan hari Jantung se Dunia didepan rumah dinas bupati

Angka Kematian Tertinggi Disebabkan Sakit Jantung, Ini Pesan Bupati Bungo Mashuri

MUARA BUNGO, bungopos.com -  Bupati Bungo H. Mashuri menghadiri peringatan Hari Jantung se Dunia. Kegiatan yang dilaksanakan di depan rumah dinas bupati tersebut dihadiri oleh Kepala OPD, Para Dokter Spesialis, Dan Tamu Undangan lainnya.

Kegiatan ini sendiri diisi dengan sosialisasi dan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kesehatan jantung yang berantai, bersamaan dengan kegiatan care free day.Bupati Bungo dalam sambutannya mengatakan mengapresiasi kegiatan tersebut. Dengan Memberikan penyuluhan kepada masyarakat, katanya, akan berdampat kepada kesehatan jantung kita.

''Karena kematian di Indonesia paling tinggi di sebabkan oleh penyakit jantung,” Ucap MashuriSelanjutnya,  dr. Citra Dewi Wahyu Fitria, Sp,JP (K) salah satu spesialis Dokter jantung dan pembuluh darah memberikan arahan bantuan hidup dasar dalam menanggapi pasien-pasien henti jantung.“Pagi ini saya akan memberikan sosialisasi, Edukasi bantuan hidup dasar. Seperti yang diketahui penyebab kematian tertinggi bukan hanya di Indonesia Tapi didunia adalah penyakit Jantung. Karena setiap 90 detik ada satu kejadian henti jantung yang di istilah serangan jantung. Dikarenakan henti jantung itu bisa terjadi dimana saja. Maka dari itu kami lakukan Sosialiasi dan penyuluhan terhadap masyarakat.”Tutur Dokter citra.Acara ini dilanjutkan dengan peraktek pertolongan pertama yang di praktekkan langsung Oleh dr. Wenny Widyastuty, Sp.JP Dan dr. Fadli Ilhami, M. Ked ( Cardio), Sp.JP terhadap pasien yang terkena serangan jantung. Yang di awali dengan memanggil pasien, meminta pertolongan, lalu mengecek nadi dan memompa jantung dengan meletakkan tangan di dada kiri anda di atas tangan kanan dan di tempatkan dibagian tengah dada korban. Penekanan di bagian dada dengan kedalaman kira- kira 5 cm. Dan biarkan dada mengembang sebelum memulai. Penekanan /kompresi berikutnya kecepatan kompresi dada pada orang dewasa yang optimal adalah 100-120x/ menit.Kegiatan ini diharapkan bisa memberi Manfaat dan Pembelajaran bagi Masyarakat Bungo untuk tetap menjaga kesehatan terutama bagian jantung. Dengan melakukan kegiatan pola hidup sehat seperti olahraga dan mengkonsumsi makanan sehat.(Arykominfo)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.bungokab.go.id/