PERTEMUAN : ‘National Conference Of Football and Sciences’ untuk pertama kalinya di Indonesia

UNJA dan Asprov Jambi Gelar Konferensi Sepakbola dan Sains Nasional Pertama di Indonesia

JAMBI, bungopos.com – Asosiasi Provinsi (Asprov) Jambi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) bekerjasama dengan Universitas Jambi (UNJA) menggelar ‘National Conference Of Football and Sciences’ untuk pertama kalinya di Indonesia. Diselenggarakan di Ratu Convention Center Jambi, pada 28-29 Agustus 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Umum PSSI yang diwakili oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha Destria, S.Si., M.A.; Gubernur Provinsi Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., M.H.; Rektor, Helmi; Kadis Dispora Jambi beserta jajaran, para dosen UNJA, Presenter Seminar dari seluruh Indonesia, serta mahasiswa UNJA dan mahasiswa Perguruan Tinggi di Jambi lainnya.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Gubernur Jambi, Al Haris, yang dalam sambutannya menyebutkan bahwa Sepakbola di Indonesia telah jauh berkembang.

“Sepakbola diindonesia sudah luar biasa melangkah maju selama di era pak Erick Thohir.
Sepakbola di Indonesia sudah menunjukkan prestasinya bukan hanya di Asia tetapi sudah ditingkat Dunia. Hal ini pertanda bahwa ada harapan untuk sepakbola indonesia akan lebih bersinar,” ujar Gubernur.

Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tarisha, menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan seminar ini merupkan peran penting dalam pengelolaan sepakbola di Indonesia.

“Kegiatan ini istimewa karna mempertemukan para praktisi dan para peneliti dibidang sains dan sepakbola. Kami di PSSI selalu mengembangkan inovasi-inovasi terkini, khususnya di area ‘Coaching Development, Reveree Development, dan Youth Development’,
hal ini tidak akan dapat terlaksana apabila kami di PSSI dan praktisi yang sedang mengurusi sepakbola tidak memiliki jalur mendengar para peneliti dan para akademisi yang telah meluangkan waktunya untuk melakukan riset mengenai sepakbola,” jelas Wakil Ketua Umum PSSI tersebut.

Rektor UNJA, Helmi, juga menyampaikan bahwa beliau sangat menyambut dengan baik kegiatan ini dan akan mendukung penuh kegiatan ini.

“Saya selaku Rektor sangat menyambut baik kegiatan ini, tidak hanya pengembangan olahraga secara praktis tetapi pengembangan olahraga dari sisi keilmuan juga. Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di indonesia dan itu di Jambi, jadi saya sangat mendukung penuh kegiatan ini untuk kemudian menjadi cikal bakal dilakukan beberapa konferensi di berbagai daerah di Indonesia,” ujar Rektor.

Pembicara atau keynote speaker yang mengisi kegiatan ini terdiri dari :

  • Ratu Tisha Destria, S.Si., M.A. (Wakil Ketua Umum PSSI) dengan materi ‘Sains dan Teknologi dalam Industri Sepakbola’.
  • Prof. Drs. Tommy Apriantono, M.Sc., Ph.D. (Guru Besar Institut Teknologi Bandung) dengan materi ‘Penelitian Biomekanika dan Fisiologi Olahraga’.
  • Endarman, Ph.D. (Dosen Sport Management Universitas Jambi) dengan materi ‘Menggali Potensi Sepakbola Indonesia: Pembelajaran dari Eropa dan Komitmen Pemerintahan’.

Ketua Panitia National Conference Of Football and Sciences, Reza Hadinata, mengatakan dalam sambutannya menegaskan bahwa sepak bola perlu didukung oleh keilmuan dari para akademisi dan ahli. Ia juga berharap ke depannya akan bisa selalu dilanjutkan, sehingga PSSI ke depan akan ada lembaga riset atau litbang untuk kemajuan persepakbolaan yang akan dicapai. (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.unja.ac.id/