RAGAM BATIK : Indonesia kaya akan budaya dan corak pakaian

Yuk, Daftar Jadi Duta Batik Nusantara 2024 !, Ini Caranya

JAKARTA, bungopos.com - Batik merupakan kain bercorak identik asli Indonesia yang telah diakui dunia. Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) dalam sidan keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya yang digelar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 2 Oktober 2009 telah menetapkan batik sebagai Warisan Budaya Takbenda (Intangible Cultural Heritage) dunia.

Sejak itu, pakaian batik makin populer dikenakan oleh masyarakat Indonesia dalam berbagai aktivitas mereka. Beragam corak batik bernuansa Nusantara pun bermunculan di berbagai daerah, sejak Aceh hingga Papua. Batik juga memiliki potensi pasar yang besar dan merujuk data Kementerian Perindustrian, sepanjang tahun 2023 saja nilai ekspor wastra Indonesia ini sebesar USD17,53 juta atau Rp280,48 miliar.

Lalu, apa saja persyaratan agar dapat mengikuti ajang Pemilihan Putra Putri Nusantara 2024? Ayu menyebutkan, seluruh generasi muda yang telah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, berpenampilan menarik, dan berusia 17--27 tahun dapat mendaftarkan diri. Setiap pendaftar juga harus bertinggi badan minimal 172 sentimeter bagi putra dan 165 sentimeter bagi putri.

Terdapat pula syarat khusus seperti memiliki kemampuan yang baik tentang batik, memiliki nilai akademik yang baik, berbakat di bidang seni (performing arts) seperti menyanyi, bermain musik atau menari serta aktivitas kesenian lainnya. Setiap pendaftar juga wajib memiliki kemampuan berbahasa asing seperti bahasa Ingggris dan yang lainnya. Setiap pendaftar tak lupa menyertakan foto dalam tiga versi. Pertama menampilkan seluruh tubuh (full body), hadap samping, dan bagian wajah saja (close-up). (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://indonesia.go.id/