Timnas U-19 melaju ke final Piala AFF u-19 usia menundukkan Malaysia 1-0- / Dok PSSI

Final AFF U-19 Indonesia v Thailand, Berikut Prediksi Susunan Pemainnya

SURABAYA, bungopos.com- Indonesia U-19 bakal meladeni Thailand di final Piala AFF U-19.

Duel bergengsi ASEAN ini akan dilansungkan pada Senin besok (29/07) di Stadion Gelora Bung Tomo, Suarabya.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-19 melaju ke babak final Piala AFF U-19 usai menundukkan musuh bebuyut Malaysia dengan skor tipis 1-0.

Sama dengan Indonesia, Timnas Thailand menembus babak final setelah mengandaskan tim kuat Australia juga dengan skor tipis 1-0.

Bagaimana peluang keduanya di babak final? Timnas Indonesia sedikit diuntungkan karena bertanding di depan publik sendiri.

Formasi 3-5-2 yang diusung coach Indra Sjafri dengan menempatkan Jens Raven dan Arkhan Kaka di lini depan patut diandalkan.

Umpan-umpan manja yag diperagakan Jens Revan diharapkan mampu menciptakan peluang saat meladeni Thailand.

Selain itu Welber Jardim dari lini tengah diharapkan bisa mengobrak-abrik pertahanan Thailand untuk menciptakan peluang.

Namun, Thailand tidak bisa dipandang remeh. Terbukti dengan hanya 10 pemain mereka mampu menundukkan Australia di babak semifinal.

Trio lini depan Thailand Jirapol Saelio, Pitipong Wongbut dan Phongsakon Sangkasopha juga sangat berbahaya dan patut diwaspadai anak asuh coach Indra Sjafri.

Ditambah lagi lini belakang Thailand juga sangat kuat. Pada saat laga semifinal kontra Australia mereka mampu menahan gempuran tim kanguru tersebut.

Sementara itu, Tim U-19 Indonesia melaju ke final ASEAN U-19 Boys Championship 2024. Kepastian ini seusai Garuda Nusantara menang 1-0 atas Malaysia di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (27/7).

Gol tunggal kemenangan Indonesia dicetak oleh Alfharezzi Buffon pada menit ke-78'. Pada laga final, Indonesia akan melawan Thailand hari Senin (29/7) mendatang.

Thailand memastikan tiket ke final setelah menang 1-0 atas Australia yang digelar di tempat yang sama sebelum laga Indonesia versus Malaysia berlangsung.

Mengawali laga dengan formasi 3-5-2 dengan menempatkan Jens Raven dan Arkhan Kaka di lini depan, tim U-19 kesulitan untuk menembus pertahanan ketat Malaysia.

Malaysia pun juga kesulitan untuk mengembangkan permainan karen kokohnya lini belakang Kadek Arel dkk.

Alhasil di 45 menit pertama, tidak ada satu gol yang bisa tercipta.

Pada babak kedua, pelatih Indra Sjafri memasukkan Riski Afrisal dan Arlyansyah Abdulmanan dan menarik keluar Arkhan Kaka dan Figo Dennis. Serangan Indonesia pun semakin gencar dan bervariasi.

Indonesia akhirnya unggul 1-0 pada menit ke-78 lewat gol Alfharezzi Buffon dan skor tersebut bertahan hingga laga selesainya pertandingan.

Untuk laga final nanti, kick off akan berlangsung pukul 19.30 WIB. Sementara Australia akan melawan Malaysia untuk perebutan tempat ketiga yang dimulai pukul 15.00 WIB. 

Perkiraaan Susunan Pemain

Indonesia U-19: Ikram Algiffari, Kadek Arel, Muhammad Alfharezzi Buffon, Iqbal Gwijangge, Figo Dennis, Arkhan Kaka, Jens Raven, Muhammad Kafiatur, Welber Jardim, Dony Tri Pamungkas (C), Muhammad Mufli Hidayat.

Pelatih: Indra Sjafri.

Timnas Thailand U-19: Kittipong Bunmak (C) (PG), Pikanet Laohawiwat, Jhetsaphat Khuantanom, Singha Marasa, Rapeephat Padthaisong, Caelan Tanadon Ryan, Thanakrit Chotmuangpak, Piyawat Petra, Jirapol Saelio, Pitipong Wongbut, Phongsakon Sangkasopha.

Pelatih: Emerson Pereira Da Silva

Penulis: Setya Novanto
Editor: Cindy Aulia
Sumber: www.jambiekspres.co.id