JUARA : Para mahasiswa Unja menang lomba duta bahasa tingkat provinsi Jambi

Luar Biasa! Tiga Mahasiswa UNJA Raih Prestasi Juara 1, 2, & 5 Duta Bahasa Provinsi Jambi

JAMBI, bungopos.com - Mahasiswa Universitas Jambi (UNJA) berhasil meraih prestasi gemilang dalam ajang Duta Bahasa Provinsi Jambi 2024 dengan memenangkan gelar Pemenang I, II, dan V. Tiga mahasiswa yang mengharumkan nama UNJA tersebut adalah Shakila, Gladis Shanjeni, dan Dhimas Kurniawan.

Acara pemilihan Duta Bahasa ini diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Jambi, berlangsung dari 5 Februari hingga 18 Mei 2024, dan ditutup dengan malam penganugerahan yang diadakan pada 18 Mei di Hotel Aston Jambi. Setelah bersaing dengan 176 peserta lainnya, Shakila berhasil meraih gelar Pemenang I, Gladis Shanjeni sebagai Pemenang II, dan Dhimas Kurniawan sebagai Pemenang V.

Dalam wawancaranya, Shakila, selaku Pemenang I, menjelaskan motivasinya mengikuti pemilihan Duta Bahasa.

“Saya memiliki latar belakang dari prodi kebahasaan dan saya juga tergabung sebagai volunter untuk peningkatan literasi di beberapa tempat. Hal ini memicu ketertarikan saya untuk bergabung dalam Duta Bahasa. Di beberapa kesempatan, saya juga bertemu dengan Kakak-Kakak Duta Bahasa yang multitalenta. Oleh karena itu, saya yakin bahwa saya dapat mengembangkan potensi diri saya lebih baik melalui Duta Bahasa,” ujarnya.

Gladis Shanjeni, Pemenang II, menekankan persiapan yang dilakukannya untuk kompetisi ini.

“Persiapan yang saya lakukan adalah meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia, daerah, dan bahasa asing baik secara materi maupun performa. Terlebih, saya memfokuskan diri untuk belajar terkait bahasa Indonesia yang baik dan benar, lalu persiapan tes UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia), wicara publik, dan penampilan bakat,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Dhimas Kurniawan, Pemenang V, memaparkan harapannya.

“Saya berharap dapat menginspirasi orang lain untuk mencintai dan memahami keberagaman budaya dan bahasa yang dimiliki oleh negara Indonesia. Setelah lomba, saya akan terus berkontribusi dalam mempromosikan warisan budaya Jambi dan menjadi agen perubahan positif dalam dunia kebahasaan dan literasi,” ungkap Dhimas.

Keberhasilan mahasiswa UNJA dalam ajang Duta Bahasa Provinsi Jambi 2024 ini diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi dan memajukan kebahasaan serta literasi di Indonesia. (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.unja.ac.id/