ICON : Penyelenggara pemilu

KPU Lakukan Optimalisasi Pendataan Pemilih

   

PADANG, bungopos.com – Anggota KPU Betty Epsilon Idroos hadir dan memberi pengarahan pada Rapat Koordinasi Persiapan Pemutakhiran Data Pemilih Pemilihan Serentak Nasional Tahun 2024, di Padang. 

Pada kesempatan tersebut, Betty mengapresiasi jajaran KPU yang sudah bekerja optimal dalam Pemilu 2024 dan berharap komitmen tersebut dilanjutkan pada Pilkada Tahun 2024. Langkah-langkah perbaikan dan optimalisasi pendataan pemilih tetap harus dilakukan termasuk untuk layanan pindah memilih.

“Untuk pilkada serentak seluruh Indonesia, penggunaan Sidalih akan kita optimalisasi termasuk untuk mereka yang pindah memilih,” kata Betty

Selain itu, KPU telah menerima data DP4 dari pemerintah, sebagai dasar sinkronisasi untuk lebih lanjut menjadi bahan pemetaan pemilih sehingga mendapatkan gambaran jumlah pantarlih dan TPS yang akan dibentuk.

“Kita sudah menerima, dari Kemendagri sudah memberikan data DP4 by name by address 207 juta data se-Indoneisa per tanggal 2 Mei 2024 lalu. Waktunya masih jauh, tapi kita gak mau tiba masa tiba akal, ada waktu sinkronisasi sangat panjang, waktu untuk pemetaan,” kata Betty

Dengan begitu, ada waktu sinkronisasi yang cukup panjang untuk melakukan pemetaan agar mendapat gambaran jumlah Pantarlih dan TPS yang akan dibangun. Pada masa ini, layanan cekdptonline.kpu.go.id juga akan dibuka untuk mendapat masukan dan tanggapan dari masyarakat.

Betty juga menyampaikan bahwa pantarlih dapat menggunakan e-coklit secara optimal untuk pengelolaan data pemilih, serta tetap melakukan pencermatan untuk perlindungan data pribadi.

Turut hadir, jajaran KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat, Kepala Bidang pada Pusdatin Setjen KPU, serta Tenaga Ahli KPU. (***).

Editor: arya abisatya
Sumber: https://www.kpu.go.id/