Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membuka penerimaan peserta didik baru (pentaru) di satuan pendidikan tinggi lingkup KKP untuk tahun akademik 2024/2025. Pendaftaran terbagi dalam dua jalur yakni umum dan khusus. Jalur umum untuk masyarakat umum, sedangkan jalur khusus diperuntukan khusus untuk anak pelaku utama sektor kelautan dan perikanan.

Mau Kuliah Gratis Bidang Kelautan dan Perikanan ? Ini Syarat dan Jadwal Pendaftarannya

JAKARTA, bungopos.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membuka penerimaan peserta didik baru (pentaru) di satuan pendidikan tinggi lingkup KKP untuk tahun akademik 2024/2025. Pendaftaran terbagi dalam dua jalur yakni umum dan khusus. Jalur umum untuk masyarakat umum, sedangkan jalur khusus diperuntukan khusus untuk anak pelaku utama sektor kelautan dan perikanan seperti anak nelayan, pembudi daya, pengolah, dan pemasar hasil perikanan.

Menurut Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPPSDM) I Nyoman Radiarta seperti dikutip dari website resmi KKP, pihaknya memiliki 11 satuan pendidikan tinggi vokasi. Sebanyak 10 di antaranya menerapkan Nonpengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (non-PKBLU) diperuntukkan bagi 100 persen anak pelaku utama kelautan dan perikanan atau jalur khusus.

Seluruh biaya pendidikan jalur khusus ini ditanggung oleh APBN. Satuan pendidikan tersebut memiliki Program Diploma Satu (D1) hingga Diploma Empat (D4). Program D1 berada di Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan Wakatobi, Sulawesi Tenggara, dengan Program Studi (Prodi) Ekowisata Bahari dan Prodi Konservasi.

Adapun Program Diploma Tiga (D3) berada di delapan Politeknik Kelautan dan Perikanan (PKP), yaitu di Bitung, Sulawesi Utara; Sorong, Papua Barat; Karawang, Jawa Barat; Bone, Sulawesi Selatan; Kupang, Nusa Tenggara Timur; Pangandaran, Jawa Barat; Dumai, Riau; dan Jembrana, Bali.

Dua jenjang pendidikan tersebut tersebut memiliki program studi yang terdiri dari Teknik Penangkapan Ikan/Perikanan Tangkap, Mekanisasi Perikanan/Permesinan Kapal, Teknik Pengolahan Produk Perikanan/Pengolahan Hasil Laut, Teknik Budi Daya Ikan/Budi Daya Perikanan, dan Teknologi/Teknik Kelautan.

Sedangkan untuk jenjang pendidikan D4 ada di Politeknik Ahli Usaha Perikanan di lima kampus, yaitu di Jakarta (Kampus Utama); Aceh; Pariaman, Sumatra Barat; Lampung; Tegal, Jawa Tengah; dan Maluku. Prodinya terdiri dari Teknologi Penangkapan Ikan, Permesinan Perikanan, Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, Teknologi Akuakultur, Teknologi Pengelolaan Sumber Daya Perairan, dan Penyuluhan Perikanan.

Nyoman menjelaskan, di luar 10 satuan pendidikan tersebut, terdapat satu satuan pendidikan tinggi vokasi yang menerapkan PK-BLU, yaitu PKP Sidoarjo, Jawa Timur, dengan Program Diploma III. "Di kampus ini, peserta didiknya terdiri dari 80 persen masyarakat umum (jalur umum) dengan biaya dari peserta didik (mandiri), serta 20 persen anak pelaku utama kelautan dan perikanan (jalur khusus)," ujar Nyoman.

Prodinya terdiri dari Teknik Budi Daya Perikanan, Teknik Pengolahan Produk Perikanan, Agribisnis Perikanan, Mekanisasi Perikanan, dan Teknik Penanganan Patologi Perikanan. Lantas, apa saja syarat daftar serta pilihan program yang disediakan untuk taruna KKP tahun ini? Berikut informasi selengkapnya:

 

Persyaratan Daftar Taruna KKP 2024:

  1. Jalur Umum

* Mengunggah ijazah terakhir/surat keterangan telah mengikuti ujian akhir/rapor semester 5

* Mengunggah Kartu Keluarga (KK)

* Mengunggah akta kelahiran

* Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp125.000 dan biaya seleksi Rp150.000

* Mengunggah bukti transfer biaya pendaftaran

* Mengunggah surat pernyataan diri

  1. Jalur Khusus

* Merupakan anak pelaku utama seperti anak nelayan, pengolah ikan, petambak ikan. pembudidaya ikan, dan pemasar hasil ikan.

* Mengunggah ijazah terakhir/surat keterangan telah mengikuti ujian akhir/rapor semester 5

* Mengunggah Kartu Keluarga (KK)

* Mengunggah akta kelahiran

* Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp125.000 dan biaya seleksi Rp150.000

* Mengunggah bukti transfer biaya pendaftaran

* Mengunggah surat pernyataan diri

* Mempunyai nomor KUSUKA (identitas tunggal pelaku utama kelautan dan perikanan)

 

Cara Daftar Taruna KKP 2024:

* Buka website https://pentaru.kkp.go.id/.

* Membuat akun menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor telepon seluler.

* Setelah akun berhasil dibuat, pilih Jalur Khusus atau Jalur Umum beserta program yang diminati.

* Membayar biaya pendaftaran.

* Melengkapi form pendaftaran dan unggah berkas administrasi.

* Jika data yang dimasukkan salah, peserta bisa melakukan perbaikan berkas administrasi.

* Peserta menunggu pengumuman hasil seleksi administrasi.

* Jika dinyatakan lolos akan berlanjut ke tahap seleksi berikutnya.

 

Jadwal Seleksi Taruna KKP 2024

* Pendaftaran online: 1 April--31 Mei 2024

* Pembayaran biaya pendaftaran: 1 April--31 Mei 2024

* Unggah dokumen seleksi administrasi: 1 April--31 Mei 2024

* Verifikasi dokumen seleksi administrasi: 1 April--31 Mei 2024

* Pengumuman hasil seleksi administrasi: 3 Juni 2024

* Pengisian nilai rapor: 4-15 Juni 2024

* Seleksi akademik Computer Based Test (CBT): 10 Juni 2024

* Seleksi fisik, kesehatan dan wawancara: 10--15 Juni 2024

* Pengumuman hasil seleksi akhir: 24 Juni 2024

* Masa sanggah: 24 Juni 2024

* Pengumuman pascasanggah: 26 Juni 2024

* Daftar ulang: 1--8 Juli 2024

* Masuk asrama: 15 Juli 2024

 

Selain itu, terdapat pula penerimaan calon taruna dan taruni baru untuk gelombang kedua yang dibuka mulai 3 Juni 2024 hingga 26 Juni 2024 dikhususkan bagi jalur umum. Setelah itu dilakukan seleksi administrasi berikut verifikasi dokumen dan pengumuman hasilnya. Seleksi fisik, kesehatan, dan wawancara dilakukan pada 1--5 Juli 2024. Itulah informasi seputar penerimaan taruna baru KKP 2024/2025. Selamat mencoba. (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://indonesia.go.id/