Jalan alternatif Jambi-Bungo menghematjarak tempuh hingga 15 kilometer / Foto: Dok Jambi Ekspres

Jalan Alternatif Jambi-Bungo Lebih Hemat BBM Memangkas 15 Kilometer

JAMBI, Bungopos.com– Bagi anda yang hendak melakukan perjalanan dari Kota Jambi ke Muara Bungo, mungkin bisa mencoba jalan alternatif satu ini. 

Jalan ini memangkas jarak tempuh sekitar 15 kilometer dan lebih hemat BBM dan hemat waktu hingga 30 menit. 

Namanya jalan alternatif itu adalah Jalan alternatif CitraRaya-Ness.

Mengapa jalan satu ini bisa memendekkan waktu tempuh? Karena memang jarak yang dilewati jauh lebih pendek dibanding jalan lintas Sumatera jalan nasional Jambi-Muara Bulian.

Jika melewati jalan nasional Jambi-Bulian, kita akan menempuh jarak sekitar 50 kilometer.

Apabila dilewati dengan kecepatan santai sekitar 40-50km per jam, maka pengendara akan membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam perjalan.

Sementara jika melewati jalan alternatif CitraRaya-Ness, kita hanya akan melewati jarak tempuh sekitar 34 hingga 35 kilometer.

Lebih pendek sekitar 15-16 kilometer.Dalam kecepatan santai 40-50km per jam, jalan alternatif ini hanya akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 hingga 40 menit saja.

Cara Melewati Jalan Alternatif Jambi-Bungo

Pertama kita langsung menuju ke gerbang perumahan CitraRaya City yang ada di Mendalo Jambi. 

Sangat mudah menemukan gerbang ini, karena jaraknya juga tak terlalu jauh dari pusat Kota Jambi. Gerbang CitraRaya City juga berada tepat di pinggir jalan nasional Jambi-Bungo.

Jika malas bertanya, cukup cek aplikasi google maps dan cari saja CitraRaya City Mendalo Jambi.

Gerbang perumahan ini juga ditandai dengan gerbang yang tinggi di atasnya ada patung kuda.

Jika telah bertemu, bisa masuk ke gerbang lalu lanjutkan perjalanan menuju ke gerbang belakang CitraRaya City.

Selama di Kawasan perumahan ini kita akan menemukan jalan beton yang mulus dan pemandangan perumahan setempat.Jarak dari gerbang depan ke gerbang belakang  adalah 7,5 kilometer.

Saat tiba di gerbang belakang, ambil arah ke kiri, menuju Muara Bulian atau bisa juga arahkan ke maps, menuju Bungo. Nanti kita akan melewati Desa Muhajirin.

Meski jalannya tidak selebar jalan lintas nasional, namun menempuh jalur Ness cukup nyaman karena selain mulus, juga tergolong sepi, tidak terlalu banyak pemukiman penduduk. Kita akan banyak melewati perkebunan karet dan perkebunan sawit.

Namun harus tetap hati-hati, karena jalur ini sering disebut ‘Tol Jambi’ mobil-mobil sering ngebut di jalur ini.

Mobil ukuran besar seperti truk dan bus dilarang melewati Ness namun mobil-mobil ukuran kecil juga tak kalah bahayanya jika telah ngebut.Disarankan tetap fokus, jaga kecepatan serta jaga jarak, dan memperhatikan mobil lawan.

Di sini rentan saling senggolan spion, jadi kewaspadaan dan kehati-hatian akan sangat membantu kita sampai ke tujuan dengan aman.

Jika telah tembus ke Muara Bulian,  kita bisa belok kiri, melanjutkan perjalanan ke Muara Bungo.

Bagaimana jika perjalana dari arah Bungo ke Jambi? Bisa juga ditempuh dengan mudah, jika telah memasuki Muara Bulian atau Tembesi cukup arahkan maps di google dengan tujuan Ness.

Dari Ness nanti arahkan ke CitraRaya City. Sangat mudah, selamat mencoba dan tetap hati-hati di jalan. (*) 

Penulis: Dona Piscesika
Editor: Cindy Aulia
Sumber: Jambi Ekspres