ARUS MUDIK : Prediksi puncak arus mudik tahun 2024

Kemenhub Imbau Masyarakat Untuk Mudik Lebih Awal, Ini Puncak Arus Mudik 2024

JAKARTA, bungopos.com - Perayaan Hari Raya Idul Fitri diperkirakan akan jatuh pada tanggal 10-11 April 2024. Momen yang paling ditunggu saat Hari Raya Idul Fitri yaitu mudik ke kampung halaman demi bisa berkumpul bersama keluarga. Arus mudik saat Hari Raya akan dipastikan akan mengalami kemacetan. Menurut prediksi Kementerian Perhubungan Budi Karya Sumadi, jumlah penduduk Indonesia yang akan mudik ke kampung halaman pada tahun 2024 ini yaitu ada sekitar 193,6 juta. Jumlah ini meningkat lebih dari 50% dibandingkan pada tahun 2023 dimana jumlah penduduk yang mudik pada tahun lalu yaitu sekitar 123,8 juta penduduk.

Prediksi puncak arus mudik untuk Hari Raya Idul Fitri di tahun 2024 diperkirakan jatuh pada tanggal 5-8 April 2024. Sedangkan untuk puncak arus balik diperkirakan akan jatuh pada tanggal 13-16 April 2024. Untuk itu, pemerintah mengimbau masyarakat yang ingin mudik ke kampung halaman untuk mudik lebih awal demi menghindari terjadinya kemacetan saat berada di jalan. Tidak hanya itu, masyarakat yang ingin mudik ke kampung halaman juga diimbau untuk melakukan pengecekan terhadap barang bawaan serta pengecekan kendaraan yang akan digunakan saat mudik dan pastikan kendaraan dalam keadaan aman dan layak serta pastikan kartu e-toll tercukupi.

Masyarakat yang ingin mudik juga diimbau untuk tidak berlama-lama berada di rest area. Pemberhentian maksimal di rest area yaitu cukup 30 menit dan apabila sudah selesai dengan segala keperluan, diharapkan untuk segera meninggalkan lokasi rest area. Pemerintah saat ini juga menyarankan masyarakat untuk memanfaatkan mudik gratis yang telah disediakan dan disarankan untuk mudik ke kampung halaman menggunakan sepeda motor karena dianggap terlalu berisiko. (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://umsu.ac.id/