Jalan Jambi-Sumbar putus di Bungo akibat banjir

Waspada! Jalan Jambi-Sumbar Putus di Bungo, Ini Lokasinya

MUARA BUNGO, bungopos.com  - Jalan lintas Sumatera tepatnya di kampung Tukum 2 Dusun Sirih Sekapur, Kecamatan Jujuhan, kabupaten Bungo dilanda banjir dan longsor.

Akibatnya arus kendaraan baik dari arah Jambi maupun arah Sumbar sempat tidak bisa melintas. Kemacetan pun terjadi hingga belasan kilometer.

Informasi yang didapat Jambi Ekspres, banjir dan longsor itu terjadi karena curah hujan yang tinggi dari Sabtu (24/2) hingga Minggu pagi (25/2/2024).

Tingginya air yang menggenangi badan jalan membuat kendaraan tidak bisa melintas.

Tak hanya itu, bahu jalan yang berada di titik banjir tersebut juga ambruk, sehingga jalan tersebut terancam putus dan mengancam keselamatan pengguna jalan.

Ketua RT Setempat, Busmar saat dikonfirmasi mengatakan bahwa akibat tingginya curah hujan bukan hanya memutus akses jalan saja, tetapi juga merendam ratusan rumah di wilayah tersebut hingga ketinggian 3 meter.

"Satu rumah milik Syukur ambruk dan ratusan rumah yang berada di Tukum 2 terendam banjir," ujarnya Busmar.

Sementara itu, Kepala BPBD Bungo, Zainadi saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pihaknya sudah turun ke lokasi untuk memantau kondisi banjir yang sedang terjadi tersebut.

"Airnya sudah surut, sekarang jalan Lintas Sumatera yang sempat terendam sudah bisa dilewati lagi oleh kendaraan," kata Zainadi Minggu siang.

Katanya, banjir tersebut terjadi akibat luapan dari sungai Tukum yang berada di dekat jalan tersebut. Untuk bahu jalan yang ambruk akibat banjir, pihaknya akan melaporkan ke Balai Jalan agar segera mendapat tindakan dan perbaikan.

"Kita akan segera berkoordinasi dengan Badan Jalan Nasional karena jalan itu milik nasional. Biasanya jalan nasional cepat ditanggapi," tukasnya.(aes/www.jambiekspres.co.id)