IIustrasi. Kementerian Agama RI telah memulai pendaftaran bagi para siswa setingkat sekolah menengah atas dan madrasah aliyah untuk mengikuti seleksi jalur undangan masuk perguruan tinggi keagamaan negeri Islam. IAIN LHOKESEUMAW

Pendaftaran Kampus Islam Negeri Dibuka, Berikut Syarat dan Alurnya

JAKARTA, bungopos.com - Kementerian Agama RI telah memulai pendaftaran bagi para siswa setingkat sekolah menengah atas dan madrasah aliyah untuk mengikuti seleksi jalur undangan masuk perguruan tinggi keagamaan negeri Islam. Seleksi bernama resmi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) 2024 itu telah membuka masa pendaftarannya sejak Senin (12/2/2024).

Siswa bisa melakukan pendaftaran melalui alamat daring di https://span.ptkin.ac.id/. Pendaftaran untuk ikut seleksi tidak dipungut biaya alias gratis. Peserta dapat memilih perkuliahan di 59 PTKIN seluruh Indonesia jika lolos seleksi nantinya.

Berdasarkan jadwal seleksi seperti tercantum di website resminya, SPAN-PTKIN masa pendaftaran siswa akan ditutup pada 15 Maret 2024 mendatang. Saat mendaftar, siswa bisa memilih dua PTKIN yang diminati atau dua program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN. Berikut ketentuan lengkapnya dikutip dari Petunjuk Teknis Pendaftaran Siswa SPAN-PTKIN 2024.

 

Syarat Umum

Siswa pelamar SPAN-PTKIN 2024 harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan, yaitu siswa Madrasah Aliyah (MA)/MA Kejuruan/SMA/SMK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah/Mu'adalah Muallimin/Mu'adalah Salafiyah kelas terakhir pada tahun 2024.

Selanjutnya, memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi. Syarat lainnya adalah memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Selain itu memiliki nilai rapor semester ganjil dan genap kelas X dan kelas XI. Khusus nilai rapor di kelas XII yang diserahkan adalah di semester 1. Seluruh nilai rapor wajib diisikan pihak sekolah pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

 

Alur Pendaftaran

Terdapat enam tahapan yang harus dilalui siswa saat mendaftar SPAN-PTKIN yang bisa dilakukan melalui website atau aplikasi SPAN-UM PTKIN 2024. Aplikasi tersebut bisa diunggah pada layanan Playstore.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pendaftaran akun

- Siapkan NISN, NPSN, tanggal lahir, dan email siswa yang aktif.

-  Kunjungi website https://siswa.ptkin.ac.id/ web/site/register. Masukkan NISN, NPSN, tanggal lahir (dengan format tahun-bulan-tanggal), email siswa yang aktif, dan kode verifikasi kemudian pilih ‘Daftar’.

-  Cek email untuk melihat NISN dan kata kunci (password) untuk masuk (login) ke website SPAN-PTKIN.

 

  1. Masuk Akun Siswa

-  Kunjungi website https://siswa.ptkin.ac.id/ web/site/login. Isi NISN dan kata kunci yang didapat dari email serta kode verifikasi, kemudian pilih ‘login’.

- Setelah berhasil masuk, siswa akan diarahkan pada laman biodata. Cek kembali data yang tercantum, jika ada kesalahan silakan hubungi operator sekolah untuk perbaikan data pada Vervalpd/EMIS. Data akan tersinkron dalam waktu 1x24 jam.

- Isi data yang dibutuhkan termasuk data siswa, data hafidz (optional), data orang tua, dan unggah foto siswa.

 

  1. Cek nilai

- Cek nilai rapor yang telah diisi sekolah di PDSS dengan rapor milik siswa. Jika nilai rapor tak sesuai, segera hubungi operator sekolah masing-masing.

- Perhatikan nilai mata pelajaran (mapel), jumlah mata pelajaran, dan total nilai mapel pada rapor kelas X/semester 1, kelas X/semester 2, kelas XI/semester 1, kelas XI/semester 2, dan kelas XII/semester 1.

- Setelah nilai sesuai klik ‘nilai telah sesuai’ dan klik ‘ok’ pada pesan pop-up yang muncul.

 

  1. Unggah rapor

- Siswa wajib mengunggah rapor kelas X/semester 1, kelas X/semester 2, kelas XI/semester 1, kelas XI/semester 2, dan kelas XII/semester 1. File rapor dibagi per kelas dalam format PDF atau JPG.

 

  1. Pilih PTKIN dan program studi

-  Setelah selesai mengunggah rapor siswa melanjutkan pemilihan program studi dan PTKIN. Siswa dapat memilih dua PTKIN dan dua program studi.

- Jika sudah, klik ‘simpan’

-  Selanjutnya siswa akan dialihkan ke laman ‘prestasi’. Siswa bisa mengunggah data prestasi paling banyak dua data sewaktu menjadi siswa SMA/sederajat.

 

  1. Finalisasi dan unduh kartu

-  Sebelum melakukan finalisasi, peserta wajib mengisi survei pendaftaran.

- Bila sudah, siswa akan melakukan Finalisasi untuk dapat memperoleh kartu tanda peserta.

- Klik bagian ‘finalisasi’ lalu klik ‘ok’ pada pesan pop-up yang muncul.

- Setelah proses finalisasi selesai, siswa diwajibkan mengunduh kartu tanda peserta dengan pilih ‘cetak kartu’.

- Cetak dan simpan kartu tanda peserta sebagai bukti pendaftaran SPAN-PTKIN 2024 dan digunakan saat registrasi ulang jika dinyatakan lulus.

 

Informasi terkait pendaftaran SPAN-PTKIN bisa dilihat di alamat:

https://siswa.ptkin.ac.id/web/Juknis_Pendaftaran_Siswa_SPAN-PTKIN_2024.pdf. Selamat mencoba.

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.indonesia.go.id/