CASN : Penerimaan tahun 2024 bakal ramai

2024 Pemerintah Pastikan Terima Calon ASN Baru, Ini Formasi Prioritas yang Bakal Diterima

JAKARTA, bungopos.com - Pemerintah berencana membuka rekrutmen CASN 2024 untuk memenuhi kebutuhan SDM di instansi pemerintah. Menpan RB RI, Azwar Anas mengungkapkan, pemenuhan ASN Tahun 2024 diprioritaskan pada kebutuhan ASN pada pelayanan dasar yakni tenaga guru dan tenaga kesehatan.

BACA JUGA: Siap-siap Lulusan Sarjana Hukum, Menteri PANRB dan MA Siapkan Formasi Calon Hakim untuk Rekrutmen ASN 2024

Selanjutnya berfokus pada penyelesaian permasalahan tenaga non-ASN di instansi pemerintah sesuai mandat UU No. 20/2023 tentang ASN.

''Tahun ini, pemerintah membuka ruang lebih luas untuk fresh graduate. Pemerintah membuka kesempatan lebih luas untuk talenta digital''.

Rencananya, Presiden RI Joko Widodo akan mengumumkan pembukaan seleksi ASN 2024. Kebijakan pada 2024 diharapkan mengurangi sedapat mungkin jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.

BACA JUGA: ASN Bakal Jarang ke Luar Kota, Anggaran Perjalanan Dinas Dikurangi Mendagri

Sementara itu, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen diwaktu berbeda mengatakan bahwa ASN saat ini harus melek digital sehingga sistem yang dibangun juga bersifat digital.

“Salah satu tugas seorang ASN selain menjadi pelayan publik juga harus dapat menguasai dan mengikuti perkembangan zaman dengan teknologi sehingga percepatan pelayanan yang strategis akan tercapai dan menuju Indonesia Maju.

BACA JUGA: Mulai 2024, Kenaikan Pangkat ASN Lewat Sistem Digital, Begini Mekanismenya

Seperti diketahui, pada tahun ini pemerintah menetapkan sebanyak kurang lebih 572.492 formasi ASN Nasional di Tahun 2023. Dimana jumlah tersebut untuk formasi 72 instansi pemerintah pusat sebanyak 78.862 ASN dan pemerintah daerah 493.634 ASN dimana hampir 80% formasi fokus pada pelayanan dasar yaitu formasi guru dan tenaga Kesehatan.

BACA JUGA: Tahun Politik, Bupati Bungo Warning Ini ke ASN

“Antusiasme masyarakat sungguh luar biasa, tercatat untuk wilayah Kanreg IV BKN Makassar presentase kehadiran untuk SKD CPNS mencapai 90.03% sedangkan untuk seleksi kompetensi PPPK mencapai 97.48%”, ucap Haryomo. (***)

 

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya
Sumber: website Kemenpan dan BKN