ILUSTRASI : Cincau hijau bermanfaat buat kesehatan

Ternyata Cincau Hijau Bermanfaat Lho Buat Kesehatan, Ini Khasiatnya

JAMBI, bungopos.com -  Cincau hijau merupakan jenis tumbuhan yang diolah menjadi agar-agar dengan rasa yang khas. Siapa sangka jika cincau hijau ini memiliki berbagai manfaat.

Mulai dari mengatasi masalah pencernaan hingga mengobati demam dan sakit tenggorokan. Manfaat cincau hijau berasal dari senyawa antioksidan di dalamnya yang mampu melawan radikal bebas. 

Makanan ini juga dilengkapi dengan serat, protein, mineral, dan karbohidrat. Merangkum Halodoc, berikut ini beberapa manfaat cincau hijau bagi kesehatan, antara lain:

1. Mengatasi masalah pencernaan

Salah satu penelitian menemukan khasiat flavonoid di dalam cincau hijau. Menurut hasil penelitian dikatakan jika kandungan flavonoid di dalam cincau hijau dapat membantu meningkatkan kesehatan usus.

Bahkan, kandungan tersebut juga efektif membantu mencegah diare  dan sakit maag. Maka jangan ragukan untuk mengonsumsi cicau hijau falam kehidupan sehari-hari anda.

2. Menyeimbangkan gula darah

Penelitian lain juga menemukan, jika cincau dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Namun, menurut studi ini manfaat tersebut bisa diperoleh jika mengonsumsi bersamaan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. 

Bahkan, manfaat yang sama tidak terlihat pada karbohidrat sederhana. Meski efektif menyeimbangkan gula darah, penelitian tentang cincau masih sangat terbatas. 

3. Mencegah penyakit malaria

Malaria adalah penyakit menular yang disebabkan oleh parasit dari genus Plasmodium yang menular melalui gigitan nyamuk. Dengan mengonsumsi air rebusan akar cincau, senyawa alkaloid di dalamnya mampu mencegah gejala malaria.

Hal tersebut tertuang dalam studi berjudul Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. Yang terbit pada Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine.

Studi menerangkan bahwa, alkaloid yang berasal dari tumbuhan merupakan kelompok penting. Penting dalam menunjukkan beragam aktivitas biologis, khususnya aktivitas antimalaria. 

 

4. Melancarkan pencernaan

Cincau hijau mengandung dua elemen baik yang berguna untuk menunjang sistem kerja pencernaan, yaitu serat dan air. Keduanya secara efektif dapat mendukung fungsi kerja usus yang sehat.

Serat dan air dalam cincau hijau bekerja bersama untuk melembutkan tekstur feses serta meningkatkan pergerakan usus. Dengan kata lain, mengonsumsi cincau hijau dapat mempermudah proses buang air besar.

5. Menurunkan risiko diabetes

Karena kaya akan antioksidan, cincau terbukti melindungi sel beta yang bertugas memproduksi insulin di dalam pankreas. Hal inilah yang pada akhirnya membantu mengontrol dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Dalam beberapa kasus, obat-obatan dibutuhkan untuk mengatasi kadar gula darah yang tinggi. Maka sangat baik imtuk oenderita diabetes jika dikonsumsi.

(**)

 

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.rri.co.id/