David Ben-Gurion

Penjajahan Israel Atas Palestina Belum Berakhir, Ini Pendiri Negara Israel

PASCA gencatan senjata berakhir, Israel kembali menyerang Palestina. Ada ratusan penduduk palestina yang jadi korban. Serangan ini menyebabkan perang yang terus berkecamuk yang mengorbankan warga sipil. Negara Israel yang terus berperang dengan Palestina ini sebenarnya siapa pendirinya ? Ini ulasan singkatnya.

Pendiri Negara Israel 

Pendiri negara Israel ini yakni bernama David Ben-Gurion. Beliau adalah proklamator yang membacakan Deklarasi Kemerdekaan Israel di Museum Tel Aviv pada 14 Mei 1948. Dirinya sebenarnya adalah David Ben-Gurion lahir di Płońsk, Polandia. Ia beremigrasi ke Ottoman Palestina pada tahun 1906. Di Palestina, ia pertama bekerja di bidang pertanian, yaitu memetik jeruk. 

Sempat diusir dari Palestina karena aktivitas politiknya, lalu, menetap di Kota New York pada 1915, ia bertemu kelahiran Rusia Paula Munweis. Mereka menikah pada tahun 1917, dan memiliki tiga anak. Ia bergabung dengan Tentara Inggris pada tahun 1918 sebagai bagian dari Batalyon ke-38 Legiun Yahudi (setelah Deklarasi Balfour pada bulan November 1917). Dia dan keluarganya kembali ke Palestina setelah Perang Dunia I. 

Setelah perang, Ben-Gurion pertama menjabat sebagai Perdana Menteri Israel. Sebagai Perdana Menteri, ia membantu membangun lembaga-lembaga negara, memimpin berbagai proyek nasional yang ditujukan untuk pembangunan negara. 

Seperti yang dikutib dari wikipedia, di bawah kepemimpinannya, Israel  agresif terhadap serangan gerilya Arab, dan pada tahun 1956. Ia mengundurkan diri dari jabatannya pada tahun 1963, dan pensiun dari kehidupan politik pada tahun 1970. Versi Majalah Time, dirinya termasuk salah satu tokoh yang berpengaruh di dunia. (***)

 

 
Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://id.wikipedia.org/