BERKALA : Service motor dilakukan secara berkala

Ini Cara Topcer Rawat Motor di Musim Hujan

JAMBI – Musim hujan telah tiba dan sering kali menjadi kendala bagi yang akan bepergian keluar rumah, terlebih menggunakan sepeda motor. Curah hujan yang tinggi menjadikan jalanan di perkotaan memicu genangan dan banjir di mana-mana, sehingga harus ekstra hati-hati saat berkendara.

Air hujan mengandung zat asam tinggi sehingga dapat merusak berbagai suku cadang dan membasahi komponen-komponen pengapian yang membuat sepeda motor kesayanganmu mogok di tengah jalan.

Senior Technical Instructor PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Erfinando mengatakan terkait hal tersebut, kali ini kami akan berbagi tips merawat sepeda motor saat musim hujan untuk menjaga performanya agar tetap oke.

Sepeda motor adalah jenis kendaraan yang digunakan dari berbagai kalangan dan juga usia, ada banyak jenis dan tipe motor sesuai dengan target pasarnya. Memasuki musim penghujan ini pengendara sepeda motor harus lebih berhati-hati saat di jalan. perawatan sepeda motor saat musim hujan sangat perlu di lakukan agar terhindar dari kondisi yang mengganggu fungsi motor untuk digunakan dalam beraktivitas sehari-hari.

Berikut tips perawatan sepeda motor saat musim hujan :1. Rutin mencuci motorHal pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan mencuci sepeda motor setelah hujan. Hal ini dikarenakan kandungan asam pada air hujan berpotensi menurunkan kilap cat pada motor.

2. Cek kondisi rantaiJika rantai motor terus-menerus terkena air hujan, dapat menyebabkan rantai menjadi cepat kering dan mudah berkarat. Oleh karena itu jika sudah terkena hujan sebaiknya rantai dicek dan dilumasi dengan pelumas khusus rantai.

3. Rutin membersihkan busi motorBusi menjadi salah satu komponen vital yang harus diperhatikan saat musim hujan. Oleh karena itu, setelah membersihkan motor sebaiknya cabut tutup busi atau penutup karetnya lalu tiup atau bersihkan dengan kain. Karena jika busi basah akan menghambat penyalaan motor saat dihidupkan.

4. Memeriksa Permukaan dan Tekanan Angin pada BanKondisi jalanan yang basah dan licin rentan terjadi kecelakaan, maka dari itu, kamu perlu melakukan pengecekan apakah grip pada ban masih oke. Jika permukaan ban sudah mulai halus, segera ganti untuk menghindari kecelakaan akibat terpeleset saat berkendara.

Periksa juga tekanan angin pada ban secara rutin karena saat musim hujan banyak lubang di jalanan yang tertutupi oleh genangan. Jika kamu tidak sengaja menerobos genangan tersebut dan ban sepeda motor tidak dalam kondisi baik maka rentan terjadi kebocoran.

5. Pastikan knalpot berfungsi dengan baikGenangan air hujan biasanya menempel pada bagian dalam dan leher knalpot saat mengendarai motor di waktu hujan. Agar sistem pembuangan motor tetap berfungsi dengan baik, pengguna harus membersihkan beberapa bagian dan mengolesi bagian knalpot dengan oli serta melapisi bagian leher knalpot dengan grease. Lalu, panaskan motor dalam waktu sekitar lima menit.

6. Periksa Kampas RemSuatu hal yang wajar rem bunyi berdecit saat musim hujan karena kampas rem dalam keadaan basah. Ketika kampas dalam keadaan basah, kampas rem akan mengembang sehingga terjadi penyempitan ruang pada rem.

Hal yang perlu diperhatikan saat kamu mencuci motor adalah menyemprot bagian rem untuk membersihkan pasir yang terbawa saat berkendara sehingga tidak mengganggu pengereman. Setelah rem selesai disemprot, pijaklah pedal rem beberapa kali agar kampas kering sehingga pengereman bisa kembali normal.

“Itu dia tips perawatan sepeda motor saat musim hujan dan untuk memaksimalkan perawatan sepeda motor anda, selalu lakukan pemeriksaan dan perawatan rutin di bengkel resmi sepeda motor Honda atau AHASS terdekat agar mesin sepeda motor anda selalu dalam kondisi prima” tutup Erfinando. (***)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya