Ilustrasi makanan yang mengandung kolagen

7 Makanan Mengandung Kolagen Bikin Kulit Putih Glowing

bungopos.com - Kandungan kolagen merupakan salah satu nutrisi yang sangat bermanfaat untuk elastisitas kulit.

Kolagen merupakan salah satu protein alami yang memberi nutrisi pada kulit supaya awet muda dan glowing.

Protein ini bisa kamu dapatkan dari berbagai makanan atau minuman, bahkan suplemen hingga minuman serbuk kolagen pun tersedia. Hal ini dapat memenuhi asupan kolagen dan memperbaiki produksi kolagen pada kulit supaya sehat.

Yuk simak artikel berikut ini sampai akhir untuk tahu apa saja sih sumber makanan tinggi kolagen bikin glowing dan cegah penuaan. Dari sayur buah hingga makanan hewani, berikut daftar makanan tinggi nutrisi dan kolagen.

7 Makanan Tinggi Kolagen Bikin Glowing dan Tahan Penuaan

1. Ceker ayam

Kandungan pada ceker ayam dipercaya dapat memberi manfaat untuk kulit. Terutama masalah penuaan. Ceker ayam tinggi akan kandungan kolagen yang baik untuk elastisitas kulit supaya tampak kenyal dan awet muda.

Kamu bisa mengolah sumber kolagen dan kalsium ini dalam berbagai makanan apapun seperti olahan sup dan sayur, namun perlu diingat dalam pengolahan makanan untuk cegah penuaan perlu ditakar kandungan garamnya.

2. Ikan

Ikan memiliki kandungan nutrisi yang dapat memberi nutrisi pada tubuh, selain itu kandungan vitamin E dan kolagen ini dapat bermanfaat untuk kesehatan dan kekenyalan kulit. Contohnya seperti salmon, kakap tuna dan berbagai olahan ikan bahkan yang kalengan.

Kulit ikan menjadi sumber kolagen yang baik loh. Selain enak diolah kulit ikan ini menjadi sumber protein yang mudah ditemukan dan murah. Yuk mulai banyak konsumsi ikan untuk dapatkan manfaatnya.

3. Buah sitrus

Buah jeruk,lemon, kiwi hingga beri ini menjadi salah satu kelompok buah sitrus. Buah sitrus ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan dipercaya dapat cegah radikal bebas penyebab kulit menua.

Buah buahan jenis ini mengandung banyak vitamin C yang baik untuk kecerahan dan nutrisi kulit kusam. Vitamin ini dapat membuat kulit lebih cerah dan glowing, serta mempercepat produksi kolagen.

4. Ekstrak kaldu

Selain menjadi pemberi rasa pada olahan makanan, kaldu alami ini memiliki manfaat yang tinggi karena mengandung kolagen dari ekstrak daging yang direbus lama. Hal ini melarutkan kolagen pada air dan bisa dikonsumsi untuk asupan nutrisi yang lezat dan alami.

Kamu bisa merebus tulang sapi atau ayam hingga mengeluarkan kaldu, kaldu ini menjadi sumber kolagen yang baik. Selain mengandung kalsium dan fosfor untuk kesehatan tulang juga memberi nutrisi pada kulit.

5. Putih telur

Putih telur dipercaya sebagai bahan alami hewani yang memiliki kandungan kolagen yang baik untuk kelembapan kulit. Kandungan protein seperti ini dapat mempengaruhi perkembangan kolagen pada kulit.

Terkenal sebagai penghilang komedo dan oengecil pori pori yang ampuh, putih telur juga dapat menjaga elastisitas kulit supaya awet muda dan bantu kurangi munculnya garis halus dan kerutan pada wajah.

6. Kacang kacangan

Kacang kacangan merupakan sumber protein nabati yang dapat bantu meningkatkan produksi kolagen. Selain sebagai kolagen yang alami dan aman juga dapat memperbaiki sel kulit yang mengalami kerusakan.

Beberapa jenis kaang dengan kandungan protein kolagen dan antioksidan yang tinggi ada kacang almond, kacang tanah, Kacang merah dan kedelai.

7. Sayuran hijau

Sayuran hijau ini memiliki kandungan klorocik atau zat hijau yang dapat menjaga kesehatan kulit salah satunya sebagai sumber kolagen untuk menjaga elastisitas kulit supaya lebih lembap dan kenyal.

Sayur seperti brokoli, bayam, kangkung dan kol menjadi contoh sayuran sehat kaya akan kolagen yang mudah ditemukan di pasaran. Konsumsi sayuran hijau dengan rutin dapat meningkatkan hidrasi kulit dan merangsang produksi kolagen.

Itu dia beberapa makanan tinggi kolagen bikin glowing dan tahan penuaan. Selain bahan yang alami mudah ditemukan, dapat memberi kesehatan keseluruhan jadi tidak hanya bermanfaat untuk kulit.

Demikian penjelasan singkat tentang 7 makanan tinggi kolagen bikin glowing dan tahan penuaan. Ayo konsumsi sayuran buah dan makanan bernutrisi lain untuk menunjang kesehatan kulit kamu. (*)

Sumber: Radar Pekalongan