MIKRAJ : Masjidil Aqsa tempat mulia ummat Islam

Palestina Negara Merdeka Yang Dijajah, Ini Jumlah Korban Agresi Israel

JAMBI, bungopos.com - Palestina adalah sebuah negara yang terletak di Asia Barat dan telah mendeklarasikan kemerdekaannya pada 15 November 1988. Deklarasi kemerdekaan tersebut diumumkan oleh Dewan Nasional Palestina dan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) di Aljazair. Pada saat itu, PLO secara resmi menyatakan pendirian negara Palestina di wilayah Palestina, dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya

BACA JUGA: PBNU Ajak Donasi Palestina, Begini Caranya

Sejak merdeka, hingga saat ini sudah beberapa negara yang telah mengakui Palestina sebagai negara termasuk China, India, Uni Soviet (meskipun Uni Soviet telah bubar pada tahun 1991 dan penerusnya, Federasi Rusia, juga memberikan pengakuan), Sri Lanka, dan Indonesia.

BACA JUGA: Mau Shalat Ghaib untuk Korban Konflik di Palestina ? Ini Tata CaranyaPada Maret 2016, Indonesia melantik Konsul Kehormatan di Ramallah, Maha Abou Susheh, hadir Menlu Palestina dan para pejabat lainnya. Pelantikan ini memperkuat hubungan diplomatik dan kehadiran Indonesia di Palestina. Hingga kini sudah juga duta besar Indonesia untuk Palestina dan Yordania. Indonesia sendiri mengutuk agresi Israel ke Palestina tersebut. 

BACA JUGA: Palestina Menang Dunia Kiamat, Betulkah ? Ini Penjelasan Hadistnya

Meski berbagai kutukan terus dialamatkan ke Israel, tetapi negara yang dipimpin Benyamin Netanyahu tersebut terus melancarkan serangan di Jalur Gaza dan Tepi Barat, Palestina sejak 7 Oktober 2023 lalu. Palestinian Central Bureau of Statistics (PCBS) melaporkan jumlah warga yang tewas akibat serangan Israel mencapai 13.216 jiwa dan sekitar 32.750 lainnya luka-luka. PCBS mencatat 13.000 korban jiwa Palestina berada di Jalur Gaza dan 216 korban jiwa di Tepi Barat. Sementara itu, sebanyak 6.000 orang dinyatakan hilang, dengan sebagian besar dari mereka kemungkinan berada di bawah reruntuhan bangunan. (****)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.nu.or.id/