I Kadek Roi Astika (paling kanan) mahasiswa magang asal Indonesia yang ditemukan meninggal dunia di Amerika Serikat -Foto: Istimewa-

Mahasiswa Magang Indonesia Tewas di Hotel Amerika

JAKARTA, bungopos.com– Baru 10 hari mahasiswa Indonesia ini tiba di Amerika untuk tujuan magang, namun kabar mengejutkan datang, ia ditemukan meninggal dunia di kamar hotel.

Namanya I Kadek Roi Astika, ia merupakan mahasiswa dari kampus Bali International.

Tujuan Roi ke Amerika adalah untuk magang  melalui program Thomson Hotel Nashville. Saat kejadian, Roi baru saja menjalani 3 hari program magangnya sebagai juru masak.

Dalam jadwal Roi akan magang selama 1 tahun di sana. Adalah Eddie Suartana yang pertamakali membagi informasi kematian Roi di akun facebooknya.

Kata Eddy dalam unggahannya, Roi tiba di Amerika pada 31 Oktober 2023 dan ditemukan meninggal dunia pada  Minggu (5/11/2023) di sebuah kamar hotel tempat Roi menginap.

Kabar meninggalnya Roi juga telah sampai ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Buleleng Bali. Kata Kadisnaker Komang Sumertajaya, saat menerima informasi tersebut pihaknya langsung mengecek ke Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Bali.

Namun ternyata tidak teregistrasi nama Roi. Kemudian juga  telah dicek ke sistem SISKOP2MI, juga tidak terdata nama Roi sebagai pekerja migran Indonesia.

Kemudian Disnaker melakukan konfirmasi ke pihak kampus tempat Roi menempuh pendidikan, ternyata menurut kampus, Roi berangkat dengan Visa J-1 yang diurus secara mandiri sebagai mahasiswa magang.

Pihak kampus sifatnya hanya mendampingi mahasiswanya ikut program magang di Hotel Thomson Nasville, namun semua proses dilakukan masing-masing secara individu oleh mahasiswa.

Pihak kampus juga mengatakan bahwa kondisi Roi sehat sebelum keberangkatan tidak menunjukkan ada gejala sakit. Hingga saat ini belum diketahui apa penyebab kematian mahasiswa berusia 20 tahun tersebut.

Saat ini BP3MI juga telah berkoordinasi dengan pihak Kementerian Luar Negeri terkait dengan pemulangan jenazah Rio ke tanah air. (bqs)

Penulis: Balqis
Editor: Balqis