ILUSTRASI : Dukungan terhadap Palestina

Ini Dia Tiga Negara Pendukung Israel Yang Perlu Anda Tahu

JAKARTA, bungopos.com - Menanggapi situasi kemanusiaan yang semakin memburuk di wilayah tersebut, terutama di Jalur Gaza, negara-negara di seluruh dunia kemudian menyatakan solidaritasnya bersama Israel. Kendati demikian, tak sedikit pula yang secara tegas berpihak kepada Palestina. Berikut ini pihak-pihak yang mendukung Israel sebagai berikut : 

1. Amerika Serikat 

Presiden AS Joe Biden menyatakan bahwa dukungan AS terhadap Israel "sangat kuat dan tak tergoyahkan". Untuk menunjukkan dukungannya, Biden juga memerintahkan kapal dan pesawat tempur AS untuk mendekati Israel dan mengirimkan bantuan militer baru. Bantuan dari AS berupa sebuah pesawat angkut pertama berisi amunisi canggih telah mendarat di pangkalan udara Nevatim di Israel selatan pada Selasa 10 Oktober 2023 malam. 

 

2. Inggris

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak telah mengatakan kepada Perdana Menteri Israel Netanyahu bahwa Inggris "dengan tegas mendukung Israel" dan berupaya memastikan dunia berbicara dalam satu suara.

 

3. Prancis

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengutuk serangan yang dilakukan terhadap Israel dan menegaskan dukungan Prancis terhadap negara tersebut. Dia juga mengadakan pembicaraan dengan Presiden Israel Isaac Herzog dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. (***)

Editor: Arya Abisatya