BERSEJARAH : Tempat bersejarah ummat Islam

Masjidil Aqso Ternyata Bukan Hanya Kiblat Pertama Umat Islam, Tapi Juga Makam Para Nabi, Ini Nabi-nabi yang Dimakamkan Disana

JAMBI, bungopos.com- Masjidil Aqsa di Palestina merupakan salah satu masjid paling mulia dan paling agung setelah Masjdil Haram dan Masjid Nabawi. Ia memiliki catatan sejarah yang sangat banyak. Mulai dari kisah perjalanan kenabian para nabi sebelum Nabi Muhammad, bahkan juga pernah dijadikan kiblat sebelum kemudian berubah kembali menghadap Ka’bah.

Ia juga menjadi saksi sejarah luar biasa ketika Allah swt memperjalankan Rasulullah dari Masjidil Haram Makkah, menuju Masjidil Aqsa di Palestina, yang dikenal dengan peristiwa isra. Kemudian dinaikkannya Rasulullah dari Masjidil Aqsa untuk melintasi lapisan-lapisan langit tertinggi hingga sidratulmuntaha. 

Tidak hanya itu, tanah yang ada di sekitar Masjidil Aqsa merupakan tempat dimakamkannya para nabi terdahulu. Pendapat ini sebagaimana dijelaskan oleh Syekh Mujiruddin al-Hanbali al-Alimi dalam kitabnya yang berjudul al-Unsul Jalil. Ia mengatakan bahwa salah satu penyebab tanah-tanah yang ada di sekitar Masjidil Aqsa menjadi tanah yang diberkahi, karena di dalamnya terdapat makam-makam para nabi terdahulu. Lantas, siapa saja para nabi yang jasadnya dimakamkan di sekeliling Masjidil Aqsa ?Masih dikutip dalam kitab yang sama, bahwa para nabi yang dimakamkan di sekeliling Masjidil Aqsa di antaranya adalah Nabi Ibrahim as dan Istrinya Sayyidah Sarah, Nabi Ishaq dan istrinya, dan Nabi Ya’qub serta istrinya. Selain itu, nama nabi yang dimakamkan di Masjidil Aqsa adalah Nabi Yusuf, Nabi Adam, Nabi Sam, dan Nabi Nuh. Hanya saja, untuk keempat nama nabi yang terakhir ini masih menuai perbedaan pendapat para ulama ahli sejarah.  Selain nama-nama nabi yang telah disebutkan, Palestina juga menjadi salah satu tempat dimakamkannya para sahabat nabi, di antaranya adalah sahabat Ubadah bin Shamit, Abu Ubaidah bin al-Jarrah, dan sahabat-sahabat lainnya. (***)

Editor: Arya Abisetya
Sumber: https://islam.nu.or.id/