SUKSES : Guru Besar Universitas Jambi (UNJA) dalam bidang ilmu Pendidikan Olahraga dan Kepelatihan, Prof Dr. Drs. Ilham, M.Kes bersama keluarga

Prof Dr Drs Ilham, M.Kes, Pernah Jadi Operator SPBU, Kini Raih Guru Besar di Unja

JAMBI, bungopos.com - Keberhasilan dan kesuksesan hidup tersebut adalah milik siapa saja. Salah satunya milik Dr. Drs. Ilham, M.Kes. Beliau meraih jenjang akademik tertinggi, yakni ditetapkan sebagai Profesor / Guru Besar Universitas Jambi (UNJA) dalam bidang ilmu Pendidikan Olahraga dan Kepelatihan, dengan angka kredit sebesar 853. Hal itu didasarkan pada Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia Nomor 45190/M/07/2023 tentang kenaikan Jabatan Akademik / Fungsional Dosen yang ditetapkan pada tanggal 1 Agustus 2023.

BACA JUGA: Sembilan Belas Guru Besar Unja yang Baru Segera Dikukuhkan, Ini Jadwalnya

Lahir di Enrekang, Makassar, pada 31 Desember 1967 dan berasal dari keluarga petani yang sederhana. Ia merupakan anak bungsu dari 5 bersaudara. Sejak kecil dirinya membantu pekerjaan orang tua di ladang. Ia menempuh pendidikan SD/SMP/SMA dan pendidikan S1 di sana.

BACA JUGA: Pemilu 2024 Hanya Dua Poros, Mungkinkah ? Ini Jawaban Akademisi Unja

Prof. Dr. Drs. Ilham, M.Kes. menempuh pendidikan S1 di IKIP Ujung Pandang, Makassar, pada tahun 1986, lalu melanjutkan S2-nya di Universitas Gadjah Mada pada tahun 1994 dan menempuh pendidikan S3 di Universitas Negeri Jakarta pada tahun 2011.

BACA JUGA: Guru Besar IPDN Sebut Paradigma Yang Salah Jika Dana Desa Dibelanjakan Diluar Desa, Ini Penyebabnya

Kisah hidup Dr. Ilham semasa kuliah dijalaninya dengan bekerja sebagai operator SPBU hingga menjadi wasit di berbagai cabang olahraga dan juga mendapatkan beasiswa sehingga tidak lagi meminta uang kepada orang tua. Selain itu, ayahnya dahulu juga merupakan seorang veteran yang mana pada saat itu pendidikan digratiskan bagi anak veteran sehingga ia bisa kuliah tanpa biaya.

Adapun pengalaman penelitian dalam 5 tahun terakhir terdapat 11 pengalaman penelitian, 7 pengalaman pengabdian pada masyarakat, 11 pengalaman penulisan artikel ilmiah, dan 9 pengalaman penyampaian makalah secara oral pada pertemuan atau seminar ilmiah.

BACA JUGA: 22 Hari Lagi Penjaringan Rektor Unja Digelar, Ini Nomor Urut Bakal Calon Rektor

Dr. Ilham memberi motivasi kepada para mahasiswa yang sedang menjalankan studinya untuk mengutamakan kedisiplinan.

“Dimana pun kalian berada, utamakanlah kedisiplinan, teruslah rajin belajar, dan selesaikan tugas-tugas tepat pada waktunya,” pungkasnya. (***)

Editor: Arya Abisatya
Sumber: https://www.unja.ac.id/