MASJIDIL HARAM : Salah satu lokasi wisata religi yang mumpuni

Ini Empat Wisata Relegi Yang Layak Dikunjungi

JAMBI, bungopos.com - Wisata religi adalah bentuk kegiatan wisata yang bertujuan melakukan kegiatan keagamaan. Mengingat, umat muslim memang dianjurkan untuk melakukan traveling dengan tujuan membuka hati serta pikiran agar dapat mensyukuri dan merenungkan kebesaran ciptaan Allah SWT yang ada di bumi. Hal tersebut disebutkan langsung lho pada ayat Al-Qur’an surat Al-Hajj ayat 46.

Itulah sebabnya, kita diajarkan mengenai tadabur alam sebagai bentuk rasa syukur terhadap kebesaran Allah SWT. Salah satu Tadabbur Alam yakni dengan melakukan wisata religi ke tempat – tempat yang bernuansa religius. Berikut empat lokasi wisata relegi yang pantas untuk dikunjungi : 

1. Mekkah

Mekkah merupakan tempat umat muslim dapat melaksanakan ibadah haji maupun umrah. Selain untuk beribadah, di Mekah juga dapat mengunjungi situs bersejarah seperti berziarah ke makam sahabat nabi atau Gua Hira. Namun sebelum melakukan ibadah haji, perlu diketahui syarat wajibnya yaitu mampu secara fisik maupun mental.

2. Madinah

Salah satu kota terindah yang harus masuk wishlist untuk dikunjungi yakni Madinah. Berkunjung ke Komplek Masjid Nabawi yang memiliki arsitektur yang begitu indah merupakan kenikmatan tersebut. Terlebih ada pemandangan yang berbeda saat payung masjid terbuka / tertutup.

3. Kota Al Quds

Salah satu destinasi idaman untuk wisata religi yakni Al Quds yang merupakan salah satu kota suci di dunia. Al Quds merupakan kota tertua dan terletak pada dataran tinggi di pegunungan Yudea yang berada di antara laut tengah dan laut mati. Di sana bisa mengunjungi Baitul Maqdis yang di dalamnya terdapat Masjid Al Aqsa yang diberkahi oleh Allah SWT dan sebagai kiblat pertama umat muslim.

4. Istambul 

Keindahan Kota Istanbul patut dicicipi. Karena disana ada Hagia Sophia yang diakui oleh UNESCO sebagai Area Bersejarah Istanbul sejak tahun 1985. Hagia Sophia sudah menjadi saksi bisu sejarah transisi rezim yang menguasai Istanbul (Konstantinopel) selama 15 abad terakhir. Hagia Sophia cocok dijadikan wisata religi bagi umat Islam untuk mengingat kembali sang penakluk muda Konstantinopel, Muhammad al-Fatih (Mahmed II). (***)

Penulis: Arya Abisatya
Editor: Arya Abisatya